Senin, 15 Januari 2018

Japan-IMF Scholarship Program for ASIA (JISPA) – Beasiswa S2 dan S3 di Jepang untuk PNS

Menjadi pegawai pemerintahan atau PNS di Indonesia ternyata memang menawarkan banyak keuntungan yang mana salah satunya adalah beasiswa untuk bisa melanjutkan kuliah S2 atau S3 di Jepang. Pihak pemerintah Jepang melalui kerja sama dengan IMF menawarkan skema beasiswa Japan-IMF Scholarship Program for ASIA. Program yang bisa diambil mencakup kuliah S2 dan S3 dalam bidang Ekonomi Makro secara khusus dan banyak lagi bidang lain namun terkait dengan bidang tersebut di berbagai universitas yang ada di Jepang.

Program beasiswa yang satu ini memiliki jalur open track yang terbuka untuk umum. Maksudnya adalah juga bahwa universitas yang bisa dipilih tidak terbatas hanya yang memang memiliki kerja sama dengan IMF saja. Jadi intinya universitas mana saja di Jepang bisa dipilih asalkan menawarkan bidang Ekonomi Makro yang sesungguhnya menjadi fokus program ini.

Para penerima program beasiswa ini nantinya akan mendapatkan beberapa keuntungan. Biaya pendaftaran dan perkuliahan, tiket pesawat, asuransi kesehatan dan kecelakaan, uang saku beserta biaya hidup dan akomodasi, serta biaya penelitian untuk progra S3. Namun perlu diketahui juga bahwa beasiswa yang diberikan hanya 1 tahun dengan adanya evaluasi untuk lanjutan beasiswa di tahun berikutnya. Pemberian beasiswa maksimal 2 tahun untuk S2 dan 3 tahun untuk S3 asalkan memang pihak pemberi beasiswa memutuskan penerima layak mendapatkan lanjutan beasiswa lepas dari tahun pertama. Jadi perlu juga disiapkan rencana cadangan untuk biaya semisal tidak mendapatkan lanjutan beasiswa selepas dari tahun pertama.

Berikut ini adalah persyaratan umum dan wajib untuk bisa mendaftarkan diri dan mengikuti seleksi program beasiswa S2 dan S3 di Jepang untuk PNS.

• Merupakan warganegara dari salah satu negara yang telah ditentukan (termasuk Indonesia)

• Merupakan pegawai dari salah satu instansi pemerintah atau terkait berikut:

Bank Sentral, Kementerian Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan, Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Pajak, Badan Pusat Statistik, atau Lembaga Regulasi Keuangan. Program ini juga mempertimbangkan para pegawai yang bekerja di bidang pemerintahan lainnya yang memiliki dampak signifikan pada perumusan atau pelaksanaan kebijaksanaan ekonomi makro.

• Memiliki gelar pendidikan Sarjana atau setara

• Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan skor minimal TOEFL 550 / iBT 79-80 / IELTS 6.0

• Berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada pembangunan di negara asal, dan bersedia kembali ke institusi tempat kerja di negara asal setelah menyelesaikan studi di Jepang

• Pelamar yang berusia di bawah 40 tahun; belum mendapatkan gelar Master dari universitas di luar negeri; memiliki pengalaman kerja minimum 2-3 tahun di sektor public lebih diprioritaskan

• Memiliki kondisi kesehatan jasmani dan mental yang baik

Kemudian selain persyaratan wajib seperti yang sudah disebutkan tadi, ada juga dokumen-dokumen yang memang dibutuhkan untuk seleksi beasiswa ini yaitu sebagai berikut:

• Formulir Aplikasi pada link berikuthttps://goo.gl/ndvBX8 

• Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai gelar Sarjana atau Pascasarjana yang telah diambil. Salinan resmi artinya salinan dari dokumen asli dengan segel resmi yang diberikan oleh kantor administrasi universitas.

• 2 (Dua) Surat Referensi dari atasan di tempat kerja dan/atau pembimbing akademik atau profesor.

• Salinan resmi sertifikat TOEFL/IELTS (jika ada). Hasil tes TOEFL/IELTS tersebut harus merupakan tes yang diambil setelah tanggal 1 Desember 2015. Jika tidak memiliki sertifikat TOEFL/IELTS, pelamar akan diminta untuk mengikuti tes TOEFL/IELTS sebelum mendapatkan keputusan akhir pengumuman pemenang beasiswa (hanya untuk program bahasa Inggris).

• Surat penerimaan pendaftaran dari universitas yang dituju, atau salinan aplikasi pendaftaran ke universitas

• Tesis atau bentuk paper yang setara

Dalam hal persyaratan dokumen seperti yang sudah disebutkan tadi, semuanya harus dikumpulkan versi aslinya beserta versi terjemahan resmi dalam bahasa Inggris. Ketika nanti memenuhi pesyaratan maka dokumen yang sudah dikumpulkan tidak akn dikembalikan lagi. Proses pendaftarannya wajib dimulai dengan pendaftaran pada program S2 atau S3 yang diinginkan di universitas-universitas yang ada di Jepang. Kemudian selain itu kelengkapan dokumennya harus dikirimkan ke tujuan berikut ini.

Japan-IMF Scholarship Program for Asia

IMF Regional Office for Asia and the Pacific

21st Floor Fukoku-Seimei Building

2-2-2 Uchisaiwai-cho

Chiyoda-ku, Tokyo 100-0011

Japan

Informasi lebih lanjut misalkan dibutuhkan bisa didapatkan dengan menghubungi pihak penyedia beasiswa melalui email jisasis@imf.org atau langsung mengunjungi laman resminya di www.imf.org.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

MAU DI LATIH BAHASA INGGRIS SAMPAI LANCAR?

Hubungi kami Sekarang, untuk Mendapatkan kesempatan Gratis Placement Test.

Ingin Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris untuk :

1. Persiapan Masuk Kuliah/
     Universitas Favorit mu ( SMPTN )

2. Persiapan Beasiswa Ke luar
     negeri.

3. Persiapan mengikuti test TOEFL/
    IELTS.

4. Persiapan Wawancara Kerja.

   DLL

Kelas Baru di buka setiap hari Senin.
Dilatih oleh instruktur Profesional, satu-satu nya kursus Bahasa Inggris di LHOKSEUMAWE yang memberikan jaminan sampai Lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kosa kata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial

kosakata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial beserta artinya dalam bahasa Indonesia: 1. Social (adj.) - berkaitan dengan masyarakat atau...