Selasa, 10 Oktober 2017

Beasiswa Ke Belanda

LEG International Talent Scholarship 
for International Students in Netherlands, 2018

http://scholarship-positions.com/leg-international-talent-scholarship-for-international-students-netherlands/2017/10/10/

Beasiswa S1 di University of Toronto, Kanada

Bagi pelajar dan mahasiswa dari Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi di luar negeri, setiap kesempatan yang terbuka selalu layak untuk dicoba dna diperjuangkan. Salah satu ksempatan dengan tawaran menarik terkait kuliah di luar negeri adalah dari University of Toronto di Kanada. Universitas yang diirikan pada tahun 1827 dan beralamat di 27 King’s College Cir, Toronto, ON M5S, Kanada ini merupakan salah satu universitas terkemuka di kawasan Kanada secara khusus dan Benua Amerika bagian Utara pada umumnya.

Menurut daftar yang diterbitkan oleh QS World University Rankings, universitas yang satu ini berada dalam peringkat 31 di dunia. Program beasiswa yang ditawarkan dengan nama Lester B. Pearson International Scholarship Program itu sendiri merupakan salah satu yang dikenal kompetitif karena hanya akan ada 37 penerima beasiswa di akhir seleksinya setiap tahun.

Dalam rinciannya, program beasiswa ini akan membantu pembiayaan dari penerimanya yang mencakup uang kuliah, biaya buku, biaya insidental, dan uang bantuan akomodasi selama 4 tahun masa studi S1 yang diambil di University of Toronto. Jadi bisa dibilang beasiswa ini adalah beasiswa penuh karena cakupan biayanya mencakup sebagian besar biaya pokok ketika menempuh studi di luar negeri. Namun perlu disiapkan juga tambahan biaya karena tentunya masih ada hal-hal lain yang membutuhkan biaya ketika menempuh studi di luar negeri.

Mengenai program studi yang bisa diambil di University of Toronto terkait beasiswa ini tidak ada batasan. Informasi mengenai program-program S1 di universitas ini bisa dilihat di tautan berikut ini link. Sementara itu untuk berbagai hal mengenai University of Toronto ada di tautan berikut ini link. Pastikan untuk benar-benar memahami setiap pilihan jurusan yang ditawarkan sebelum memutuskannya.

Syarat Beasiswa

Selanjutnya untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa kuliah S1 di University of Toronto ini perlu dipahami dan dipenuhi persyaratan yang diminta oleh pihak penyedia beasiswa. Berikut ini adalah syarat-syaratnya:

• Merupakan pelajar dari jenjang sekolah menengah yang sudah dinominasikan oleh pihak sekolah melalui laman nominasi di tautan berikut ini link

• Merupakan seorang pemikir yang kreati dan orisinal

• Merupakan seorang yang berkomitmen kuat pada kounitas dan sekolah

• Merupakan seorang yang memiliki prestasi akademik dengan kreatif

• Merupakan seorang yang antusias dalam hal belajar dan melakukan eksplorasi itelektual

• Merupakan seorang dengan jiwa dan kemampuan kepemimpinan yang kuat

• Merupakan seorang yang akan segera lulus studi jenjang menengah

• Merupakan seorang yang aka memulai studi S1 di tahun berikutnya segera setelah lulus

Pendaftaran Beasiswa

Selain syarat-syarat yang sudah disebutkan tadi penting juga untuk mengetahui prosedur atau tahapan pendaftaran dan seleksi terkait dengan program beasiswa yang satu ini. Pendaftaran dimulai dengan adanya nominasi dari pihak sekolah ke penyedia beasiswa seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Setelah itu harus dilakukan pendaftaran resmi sebagai mahasiswa di University of Toronto yang bisa dilakukan pada laman pendaftaran berikut inilink. Pastikan ketika melakukan pendaftaran semua syaratnya sudah terpenuhi untuk bisa memperbesar peluang diterima sebagai mahasiswa di University of Toronto khususnya syarat-syarat untuk pelajar dan mahasiswa internasional. Setelah itu pihak panelis akan menerima nominasi dan pendaftaran dimana kemudian akan diberikan formulir khusus untuk pendaftaran program beasiwanya. Informasi lengkap mengenai program beasiswa ini bisa didapatkan di laman resminya yang berikut ini

Program ASEAN CSR Fellowship 2018 di 3 Negara

Ada berbagai cara untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik yang salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai program terkait. ASEAN CSR Fellowship adalah salah satu program dengan tujuan pengembangan diri khususnya pada beberapa bidang yaitu bisnis, lingkungan, anti-korupsi, dan hak asasi manusia. Targetnya tentu adalah negara-negara ASEAN termasuk Indonesia salah satunya.

Rincian Program

Jangka waktu berlangsungnya program ini adalah selama total 1 tahun yaitu pada tahun 2018 untuk periode yang saat ini dibuka pendaftarannya sampai dengan tanggal 1 Desember 2017. Programnya akan dilangsungkan di Singapura, Myanmar, dan Vietnam dengan waktu masing-masing selama 5 hari di setiap negara. Jadi program ini bukan program purna waktu sehingga para peserta tidak perlu meninggalkan kegiatan awalnya sebelum mendaftar pada program ini. Programnya nanti akan diawali dengan kursus online pada bulan Februari 2018 untuk kemudian kunjungan di Singapura (Maret), Vietnam (Juli), dan Myanmar (Oktober). Kunjungan dilaksanakan pada awal bulan dengan adanya pilihan lain pengganti Singapura adalah Malaysia.

Para peserta program ini nantinya akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan tokoh-tokoh pemimpin bisnis, tokoh pemerintahan, serta praktisi-praktisi dalam lingkup akademik dan kemasyarakatan. Dalam setiap kesempatan di masing-masing negara akan dibahas isu-isu sulit yang memang ramai dibicarakan sampai saat ini seperti hak pekerja asing, investasi yang bertanggung jawab dan berpeluang tinggi, standar ketenagakerjaan, dan lain-lain. Karena target lingkupnya adalah kawasan ASEAN maka diharapkan program ini dapat membentuk pemahaman yang searah dalam bidang-bidang yang menjadi fokus program ini minimal di kawasan ASEAN terlebih dahulu sebagai modal para peserta nantinya jika mendapatkan kesempatan untuk berkecimpung pada lingkup yang lebih besar.

Biaya sebesar SGD 5,000 akan ditanggung pihak penyedia program ini yang belum termasuk biaya transportasi dan akomodasi. Nantinya peserta terbaik akan mendapatkan peluang untuk diberi beasiswa parsial dari Inggris dan Swedia. Jadi sebagai peserta harus menyiapkan biaya transportasi dan akomodasi untuk program ini.

Persyaratan Program

Persyaratan pokok dari program ini terbilang sederhana karena hanya ada 4 hal berikut ini saja yang harus dipenuhi:

• Warga negara ASEAN

• Usia 25 tahun sampai 45 tahun

• Memiliki karir tingkat menengah dalam bidang bisnis, sosial, pemerintahan, atau sector-sektor lain yang memang berkaitan serta sangat tertarik dengan karir tersebut yang memang sesuai dengan bidang fokus program CSR

• Mampu memahami dan menggunakan bahasa Inggris karena materi akan disampaikan dalam bahasa Inggris

Namun selain syarat poko yang hanya 4 hal tersebut masih ada juga syarat dokumen yang jumlahnya tidak sedikit. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang dibutuhkan dalam program ini:

• Resume maksimal 2 halaman dengan cakupan isinya adalah informasi probadi (nama lengkap, alamat, kebangsaan, pendidikan, bahasa yang dikuasai) dan juga riwayat pekerjaan serta pendidikan sampai yang terakhir.

• Pengajuan tertulis untuk mengikuti program ini antara 300 kata sampai 600 kata yang mencakup poin-poin berikut ini:

o Apa latar belakang profesional, keahlian, dan pengalaman yang sesuai dan berhubungan dengan program CSR?

o Mengapa mendaftar dalam program ini dan kemudian rencana apa di masa depan yang berhunungan dengan program ini dan CSR terkait ilmu yang didapatkan?

o Jelaskan singkat saja mengenai praktik bisnis yang bertanggung jawab dan juga mengenai CSR bisa berkontribusi pada pengembangan ASEAN

o Jelaskan juga perihal beasiswa parsial yang ditawarkan jika ingin mendaftarkan diri sekaligus yang harus mencakup rencana pembiayaannya nanti

• Kontak personal untuk 2 orang sebagai pemberi rekomendasi yang mana 1 adalah atasan saat ini dan 1 lagi bisa atasan sebelumnya atau pembimbing dilengkapi dengan informasi lengkap masing-masing seperti nama lengkap, gelar, dan kontak-kontak yang bisa dihubungi.

• Surat dukungan dari 2 pemberi rekomendasi

• Sertifikat, penghargaan, dan transkrip yang berhubungan dengan program CSR

Perlu diperhatikan bahwa semua dokumen tersebut harus dalam format Microsoft Word (doc atau docx) dan juga semuanya harus dalam bahasa Inggris dimana dibutuhkan jasa penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen tertentu.

Pendaftaran Program

Proses pendaftarannya bisa dilakukan dengan mengirimkan semua dokumen ke Melissa Ching, Programme Manager for the ASEAN CSR Fellowship dengan email melissa@asean-csr-network.org. Batas waktunya seperti sudah disebutkan tadi adalah 1 Desember 2017. Proses wawancara dilakukan via Skype dengan pengumuman seleksi akan dilakukan pada tanggal 31 Januari 2018. Kontak dan informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui laman resminya www.asean-csr-network.org.

Asia Bridge Program di Shizuoka University

Banyak kesempatan untuk bisa kuliah di Jepang dengan menggunakan beasiswa dimana salah satunya adalah program Asia Bridge Program di Shizuoka University. Program yang satu ini adalah sebuah kolaborasi dalam bidang industri dan pendidikan. Secara khusus targetnya adalah para lulusan jenjang SMA dari India, Indonesia, Thailand, dan Vietnam serta yang sederajat.
Beasiswa ini bisa digunakan untuk mendukung studi S1 di Jepang. Selain itu nanti para penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan bantuan dalam hal karier mereka setelah lulus studi S1 di Jepang. Jadi mereka nanti pada dasarnya bisa saja bekerja di Jepang atau di luar Jepang namun dalam lingkup perusahaan Jepang.
Perusahaan tempat bekerja para alumni program ini seperti Ajinomoto Healthy Supply, Brother, Canon, Fuji Electric, Hamamatsu Photonics, Honda Motor, Kewpie, Kikkoman, Koito Manufacturing, Mitsubishi Chemical, Nissan Motor, NTT DoCoMo, NGK Insulators, Paloma, Ricoh, Panasonic, Seiko Epson, ROHM Semiconductor, Sony, SoftBank, Suzuyo, Toyota Motor, Yazaki, Yamaha Motor dan masih banyak lagi.
Program ini menekankan pada pendidikan yang seimbang dalam berbagai disiplin ilmu antara keahlian teknis, kemampuan berpikir ilmiah, kepiawaian praktik bisnis, dan juga keerampilan interpersonal. Kombinasi tersebut pada kurikulum dari program ini akan menjamin para pesertanya untuk terhubung dengan berbagai perusahaan dimana mereka juga sudah siap untuk terjun dalam persaingan kerja. Seminar, magang, ceramah, dan juga lokakarya yang diadakan oleh para pakar bisnis dan berbagai perusahaan akan mewarnai program ini. Para peserta program ini juga akan dipandu bimbingan konseling dari tahun pertama sapai akhiruntuk memastikan jalur karier yang pasti setelah lulus dan menyelesaikan studi S1 di Jepang dengan program beasiswa ini.
Pada semester pertama para peserta program ini akan mendapatkan materi dasar Asia Bridge Program dan materi bahasa Jepang sebagai dasar yang wajib didapatkan oleh semua peserta. Bahasa Jepang sangat penting dalam program ini karena selama 7 semester selanjutnya akan diberikan materi dalam bahasa Jepang termasuk dalam berbagai kegiatan lainnya juga. Peserta harus menyelesaikan sebuah proye riset kelulusan untuk menyelesaikan studi dalam program ABP ini. Berikut ini adalah pilihan studi yang bisa diambil dalam program ABP:
Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial
Ilmu Sosial dan Kemanusiaan
Bahasa dan Sastra
Ekonomi
Hukum
Fakultas Pendidikan
Fakultas Ilmu Sains
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Ilmu Bumi
Fakultas Pertanian
Ilmu Pengetahuan Sumber Daya Hayati
Ilmu Sains Kehidupan Terapan
Fakultas Informatika
Ilmu Komputer
Seni Informasi
Informatika Perilaku
Fakultas Teknik
Teknik Matematika dan Sistem
Teknik Mesin
Teknik Kimia Terapan dan Biokimia
Teknik Listrik dan Elektronika
Ilmu Elektronika dan Material
Peserta program ini nanti akan mendapatkan bantuan finansial yang mencakup biaya masuk, biaya pendaftaran, dan biaya kuliah untuk tahun pertama. Selanjutnya pada tahun kedua sampai keempat bantuan pembiayaan yang diberikan meliputi biaya kuliah dan lainnya terkait studi mulai dari 50% sampai 100% dilihat dari prestasi atau pencapaian akademik mulai pada tahun pertama. Mengenai biaya hidup, tempat tinggal, dan keperluan sehari-hari yang lain harus dipikirkan oleh penerima beasiswa pada program ini karena tidak disediakan oleh panitia.
Persyaratan
            Agar bisa mengikuti program ABP ini ada hal-hal yag menjadi persyaratan dan tentunya wajib dipenuhi oleh para pelamar. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi persyaratannya:
Bukan warga negara Jepang
Merupakan warga negara India, Indonesia, Vietnam, atau Thailand
Mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai dengan syarat mendaftar ke universitas yang ada di Jepang merujuk pada Japanese Immigration Control and Refugee Recognition Act
Memenuhi satu dari persyaratan berikut ini
Sudah menyelesaikan studi pada jenjang SMA/SMK/sederajat di India/Indonesia/Vietnam/Thailand dimana program ini juga terbuka bagi yang baru akan menyelesaikan studinya pada periode pendaftaran program
Sudah menyelesaikan ujian nasional atau ujian kualifikasi lainnya yang setara misalnya International Baccalaureate di negara asal dengan usia minimal 18 tahun pada akhir bulan September pada periode pendaftaran program
Jika pelamar berasal dari sekolah menengah atau sekolah internasional yang ada di Jepang, studi yang ditempuh sebelumnya tidak boleh lebih dari 3 tahun.
Selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah persyaratan dokumen untuk proses pendaftaran dan seleksi dari program beasiswa ini. Berikut dokumen-dokumen yang dibutuhkan:
Informasi dan data pelamar yang diisikan pada online application system
Esai dalam bahasa Jepang yang menjelaskan alasan mendaftarkan diri dalam program ABP sepanjang maksimal 500 kata dalam format Microsoft Word atau PDF
Pasfoto ukuran 35mm x 45mm yang terbaru
Transkrip akademik pada jenjang sekolah menengah  (kelas 10,11, dan 12) termasuk disertaan juga hasil ujian nasional jika sudah ada dalam bentuk aslinya dan terjemahan dalam bahasa Inggris atau Jepang
Ijazah jenjang sekolah menengah (SMA/sederajat) beserta salinan resmi dengan legalisir
Hasil tes EJU atau ujian masuk universitas di Jepang bagi pelajar internasional
Hasil tes kemampuan menggunakan bahasa Inggris yang bisa TOEFL, IELTS, atau TOEIC
Hasil tes kemampuan bahasa Jepang yaitu JLPT
Dokumen persetujuan dari perusahaan dan pimpinan bagi pelamar yang sudah bekerja dimana bisa diunduh pada tautan berikuthttps://goo.gl/3Nyvjy
Prosedur Pendaftaran
Pendaftaran program beasiswa ini bisa dimulai dengan mendaftarkan diri secara online melalui tautan berikut inihttp://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/. Pendaftarannya dibuka pada pertengahan bulan November dan hanya sampai awal Desember saja. Kontak resmi dari penyedia program ini adalah melalui alamat emailabpquery@suml.cii.shizuoka.ac.jp.

kosa kata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial

kosakata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial beserta artinya dalam bahasa Indonesia: 1. Social (adj.) - berkaitan dengan masyarakat atau...