8 Prospek Kerja Terbaik untu k Lulusan Ilmu Komunikasi
Kita tidak bisa untuk tidak berkomunikasi. Segala hal yang
kita lakukan, dalam tujuan apapun, tentu memerlukan proses komunikasi. Proses
menyampaikan pesan dari komunikator (penyampai pesan) kepada komunikan
(penerima pesan) melalui suatu media atau cara hingga akhirnya menimbulkan suatu
efek atau timbale balik, mungkin terlihat begitu sederhana. Namun, apa sih yang
sebenarnya dipelajari di dunia komunikasi ini?
Seiring dengan berkembangnya zaman, waktu dan teknologi yang
kian pesat, tentu segala unsure hidup kita menerima banyak pengaruh dari hal –
hal baru. Hal – hal baru tersebut tentu mempengaruhi cara kita berkomunikasi.
Cara berkomunikasi manusia jaman purba, jaman 90-an, dan saat ini, tentu
berbeda – beda bukan? Nah, dengan menjunjung tinggi modernitas, studi Ilmu
Komunikasi terus menjadi bidang ilmu yang kritis untuk selalu menyajikan
strategi yang tepat untuk menyampaikan suatu pesan, tergantung pada konteksnya,
unsurnya, hingga isi pesannya.
Seperti yang kita ketahui, studi Ilmu Komunikasi memiliki
cabang yang cukup banyak. Broadcasting, jurnalistik, public relations,
advertising, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi massa,
komunikasi bisnis, dan masih banyak lagi. Biasanya, bila kita memilih salah
satu dari cabang Ilmu Komunikasi tersebut, kita juga paham akan cabang –
cabangnya yang lain. Namun, pada cabang Ilmu Komunikasi yang kita pilih itulah
kita akan menjadi ahli di dalamnya. Lantas, apa saja sih, prospek kerja lulusan
Ilmu Komunikasi dengan gelar S.Ikom ini? Yuk, kita simak bersama – sama.
Image Credit
1. Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran
Menjadi produser, sutradara, reporter, copy writer dan lain
– lain yang terlibat dalam dunia penyiaran, adalah salah satu prospek kerja
yang paling empuk dari dunia Ilmu Komunikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa
dunia penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan suatu pesan melalui
media massa seperti televisi, radio ataupun surat kabar kepada masyarakat. Nah,
dalam proses penyampaian pesan itulah lulusan Ilmu Komunikasi dituntut untuk
dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan mudah diterima oleh
masyarakat sesuai dengan segmentasinya. Bidang kerja broadcasting biasanya ditempatkan di stasiun televisi,
radio, ataupun kantor – kantor surat kabar, tabloid maupun majalah.
2. Jurnalis
Jurnalistik adalah bagian dari Ilmu Komunikasi. Studinya
yang mempelajari bagaimana mengemas suatu berita menjadi sebaik mungkin untuk
dapat disebarkan ke masyarakat luas, merupakan salah satu bentuk bagaimana
seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif melalui suatu media. Dalam
dunia Ilmu Komunikasi, jurnalistik merupakan mata kuliah wajib yang harus
dipelajari. Kemampuan menulis, peka terhadap kondisi sosial di sekitarnya,
serta kemampuan menyampaikan dan memilih memilah mana berita yang layak untuk
disebarkan dan mana yang tidak layak disebarkan, menjadi beberapa hal yang bisa
diperoleh dari mempelajari jurnalistik. Jurnalistik memang ilmu yang dapat
dipelajari oleh siapapun, tidak harus lulusan Ilmu Komunikasi. Namun, lulusan
Ilmu Komunikasi tentu memiliki kemampuan yang lebih dalam dunia jurnalistik ini.
Bidang kerja dari seorang jurnalis antara lain menjadi reporter, news anchor
(penyiar berita), news dubber, wartawan media massa, baik di televisi, radio
ataupun surat kabar cetak.
3. Announcer dan presenter
Kemampuan menyampaikan pesan dengan baik dan dapat menarik
perhatian khalayak, tentu menjadi bagian yang dipelajari oleh lulusan Ilmu
Komunikasi. Kemampuan tersebut pun sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang
announcer atau penyiar radio, hingga menjadi seorang presenter di televisi,
baik untuk acara olahraga, berita resmi, gossip, dan lain – lain. Lulusan Ilmu
Komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dalam
menyampaikan maksud dan tujuannya. Hal tersebutlah yang menjadikan posisi
penyiar atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan
Ilmu Komunikasi.
4. Master of Ceremony (MC)
Bila announcer dan presenter hanya tertuju dalam sebuah
media massa saja, maka pekerjaan sebagai MC pun bisa diposisikan dalam berbagai
perhelatan event. Menjadi MC tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik,
pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur
– unsure komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara
otodidak, namun lulusan Ilmu Komunikasi tentu memiliki keahlian menjadi MC yang
dipelajari dalam studinya.
5. Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat
Mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik
perusahaan serta mewujudkan hubungan yang harmonis pada seluruh klien
perusahaan, menjadi tugas besar dari seorang Public Relations atau humas. Ya,
profesi Public Relations juga menjadi prospek kerja yang sangat menjanjikan
bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Seorang Public Relations harus selalu memutar
otaknya untuk menyampaikan pesan – pesan perusahaan kepada masyarakat agar
perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik. Menantang,
bukan?
6. Event Organizer
Merancang perhelatan event yang besar, mengemas sebuah acara
sesuai dengan konsep pesan yang ingin disampaikan, hingga mengatur acar
sedemikian rupa agar meninggalkan kesan dan reputasi yang baik, adalah beberapa
wujud tujuan dari strategi seorang event organizer. Melalui sebuah event,
sebuah tim event organizer diharapkan mampu menyampaikan sebuah pesan atau
makna tertentu dan mewujudkan good reputation dari si penyelenggara. Disitulah
tantangannya. Menjadi event organizer ini sangat asyik, lho. Seperti bekerja
sambil bermain. Penghasilannya pun bisa terbilang cukup fantastis. Tertarik?
7. Praktisi periklanan / Advertising
Iklan! Ya, terdengar sepele, namun mempengaruhi kita, kan?
Salah satu dalang dan tangan – tangan kreatif di balik berbagai iklan yang
bertebaran di berbagai media ini adalah lulusan Ilmu Komunikasi, lho. Mereka
berusaha mempengaruhi publik dengan pesan – pesan produk barang ataupun jasa
yang ingin disampaikan, melalui pesan dan media yang unik serta kreatif agar
siapapun yang melihatnya tergugah untuk membeli, menggunakan ataupun
mempercayainya. Proses penyampaian pesan yang menarik, kan! Dalam iklan, semakin
menarik dan membuat penasaran, maka semakin sukses dan efektif pula iklan
tersebut. Prospek kerja dalam dunia advertising bagi lulusan Ilmu Komunikasi,
antara lain sebagai project leader advertising, copy writer, camera person,
media planner, dan lain – lain.
8. Marketing Communications
Lulusan Ilmu Komunikasi juga bisa menjadi orang yang duduk
manis di kantor, menyusun dan merancang strategi – strategi komunikasi
pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Ya, menjadi marketing communications
tidak semata – mata mengedepankan unsure pemasaran dari ilmu bisnis saja.
Lulusan Ilmu Komunikasi diharapkan dapat mejadikan pemasaran menjadi lebih
efektif dan menarik, salah satunya dengan menyusun strategi komunikasi yang
tepat dilihat dari segmentasinya, bagaimana pesannya, apa medianya dan mau
seperti apa tujuan yang diharapkan. Hal ini tentu menantang bagi siapapun yang
menjalaninya.
Itulah 8 prospek kerja terbaik bagi lulusan Ilmu Komunikasi.
Sesuaikah dengan minat anda?
============================================================
Selamat datang di dunia nyata untuk Lulusan Ilmu Komunikasi.
Apakah kamu sudah menentukan langkah apa yang akan kamu ambil? Ada info menarik banget buat kamu lulusan
Ilmu Komunikasi, bahwasannya kamu memiliki kesempatan besar untuk melanjutkan
studi di luar negeri baik itu S2, S3, atau postdoc.
Jika kamu memutuskan untuk kuliah ke luar negeri dan
memperdalam Ilmu Komunikasi kamu, maka yang kamu butuhkan paling utama adalah
bukti penguasaan bahasa asing yang bisa dilihat dengan sertifikat TOEFL. Buat
kamu yang sudah menguasai bahasa asing tinggal memperdalam lagi, dan buat yang
belum menguasai maka kamu bisa mempelajarinya sekarang juga.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar