Selasa, 19 September 2017

Inilah 9 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

9 cara cepat belajar bahasa Inggris berikut ini.

1. Mulai dari materi yang paling gampang dulu. Jangan pernah malu jika nanti kamu emang perlu materi setingkat SD.

Aku kan udah SMP/SMA, koq dapet materi kayak anak SD sih? Dari alphabet, kosakata bahkan membaca dongeng atau cerita anak. Idih, nggak level deh!

Eits, jangan sampai ada pikiran meremehkan sebuah materi dasar ya. Jika kamu emang mulai dari level beginner alias pemula, ya terima saja. Jangan pernah hilang pede karena harus bawa buku setingkat SD walaupun kamu udah gede.

Hal ini yang paling sering membuat seseorang gagal. Malu memulai dari tahap pemula. Dan malu jika harus belajar dari alphabet. Malu membaca dongeng atau cerita anak. Pokoknya, pengennya bisa tapi nggak mau mulai dari level pemula.

Mudah-mudahan kamu bukan salah satu dari kelompok pemalu itu ya.

Coba sesekali pergi ke toko buku impor, Periplus contohnya. Buku bahasa Inggris untuk anak SD (Primary School) biasanya dimulai dengan level yang lumayan tinggi. Mungkin itu karena standar di luar negeri (misalnya Singapura) memang lebih tinggi daripada di Indonesia.

Awal ngajar di SD National Plus yang muridnya ekspatriat, saya sempat heran dengan buku yang dipakai yaitu buku impor dari Singapura (My Pals are Here). Ya, memang kebanyakan murid di sana kesehariannya menggunakan bahasa Inggris, jadi buku tersebut pas buat mereka.

Jadi, mulai dengan materi dasar dulu. Misalnya untuk tenses bahasa Inggris bisa awali dengan Simple Present Tense. Bahkan materi SD harusnya nggak jadi masalah. Mengenal alphabet bisa sangat membantu meningkatkan keterampilan berbicara. Kosakata dari mendengar/membaca cerita anak akan membuat pengetahuan dan keterampilanmu meningkat pesat.

Selalu ingat hal ini: level beginner itu bukan hal yang memalukan. Semua ahli berawal dari level ini. Di level ini semangatmu akan diuji. Apakah kamu akan menang dan salut atau kalah dan tersenyum kecut?

2. Jangan Menghapalkan Kosakata. Mengapa??? Ini alasannya beserta hal yang sebaiknya kamu lakukan.

Ada yang kasih cara cepat belajar bahasa Inggris dengan menghapalkan beberapa bahkan puluhan kosakata setiap hari. Hm… efektif nggak ya??? Menurut pengalaman saya saat belajar sebuah bahasa asing, yang seharusnya dilakukan bukanlah menghapal kosakata.

Kamu nggak akan pernah mahir berbahasa Inggris jika hanya menghapal kosakata saja. Mengapa???

Coba jawab ini. Apa yang kamu perlukan saat percakapan? Kosakata, frase atau kalimat?

Saat berdialog dengan seseorang, misalnya bule, yang lebih banyak kamu perlukan adalah kalimat. Ya, mungkin terkadang perlu frase atau kosakata. Hanya terkadang saja. Untuk pemula tentu kita pelajari kalimat sederhana seperti kalimat Simple Present Tense.

Apa menghapal kosakata itu salah??? Eits, saya nggak bilang cara belajar seperti itu salah ya. Kalau tujuannya lulus tes besok, ya mungkin cara ini yang paling cepat. Tapi kalau tujuanmu untuk mahir berbahasa Inggris, belajar dengan menghapal kosakata bukanlah cara yang efektif.

Trus gimana donk???

Gunakan kosakata-kosakata yang kamu pelajari untuk membuat kalimat yang sederhana. Kemudian berlatih untuk mengucapkan kalimat tersebut berulang-ulang.

Masih belum nangkep maksudnya???

Oke, contoh sederhananya gini. Kamu udah belajar materi dasar seperti salam, perkenalan, angka. Juga beberapa kata sifat seperti handsome,beautiful, fat, slim.

Kemudian mempelajari tentang familyseperti father, mother, sister, brother, grandmother, grandfather, uncle, aunty. Fokus pada beberapa kosakata saja dulu, kemudian susun kalimat sederhana dengan kata-kata tersebut.

Misalnya:

I have a father. My father is fat.I have a mother. My mother is slim.I have two sisters. My first sister’s name is… Her name is… My sisters are beautiful.I have one brother. My brother’s name is… My brother is handsome.

Ini hanya contoh sederhana. Kalau kamu bisa bikin kalimat dengan kosakata yang lebih banyak, ya silahkan. Asal jangan kebanyakan karena kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa melihat teks. Sekali lagi, kamu akan berlatih mengucapkannya tanpa teks.

Oleh karena itu fokus pada beberapa kosakata saja. Gunakan kosakata tersebut dalam kalimat sederhana. Kemudian berlatih mengucapkannya tanpa teks. Bukan menghapal! Tapi mengucapkan dengan memahami makna kalimat tersebut.


3. Kamu benci materi grammar? Oh, sayang sekali. Padahal ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

Benarkah grammar sedemikan pentingnya? Oh, bukan penting lagi. Tapi sangat sangat penting. Tanpa grammar, bahasa Inggrismu jadi kacau.

Grammar atau tata bahasa itu memiliki fungsi yang sama dalam bahasa Indonesia. Bisa kamu bayangkan sebuah bahasa tanpa tata bahasa? Biar lebih jelas coba kita perhatikan kalimat bahasa Indonesia ini:

bahasa Inggris saya tahun belajar mulai lalu.

Bisakah kamu paham kalimat tersebut? Seperti kalimat acak, kan? Jika kata-katanya kita susun sesuai dengan tata bahasa Indonesia yang sesuai menjadi:

Saya mulai belajar bahasa Inggris tahun lalu.

Mana yang lebih gampang dipahami, kalimat pertama atau kedua? Kalimat pertama yang tata bahasanya “suka-suka gue” atau kalimat kedua dengan tata bahasa yang sesuai?

Jadi, kamu mengerti sekarang mengapa grammar alias tata bahasa sangat penting dipelajari. Kamu seharusnya belajar untuk menyukai grammar. Mengapa? Karena dengan grammar yang baik, kamu jadi tahu cara berkomunikasi dengan efektif.

Tumbuhkan antusiasme untuk mendalami grammar. Kebanyakan pemula malah benci dengan grammar. Padahal memahami materi dasar ini adalah salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris.

4. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Listening: Tonton video atau film, dengarkan audio, dengarkan lagu. Pokoknya kamu mesti banyak berlatih mendengar!

Kamu suka nonton film Hollywood atau film British? Nah, hobi nonton film ini bisa dimanfaatkan agar cepat mahir.

Awalnya kamu bisa nonton film favoritmu dengan subtitle agar paham jalan ceritanya. Kemudian untuk kedua kalinya, kamu tonton film tanpa subtitle. Pasang telinga dengan baik dan coba pahami apa yang disampaikan oleh para tokoh dalam film tersebut.

Kalau sukanya film Korea, Jepang atau Thailand, gimana? Ini juga bisa dimanfaatkan lho. Kamu hanya perlu mencari subtitle dalam bahasa Inggris. Film Korea biasanya kan banyak episode tuh. Nah, kamu hanya perlu pilih satu episode yang udah pernah kamu tonton. Trus cari subtitle lalu tonton dan pahami.

Atau kamu suka Youtube-an? Nah, cari video-video dalam bahasa Inggris. Biasanya video di Youtube jarang yang pakai subtitle bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa praktek listening melalui video dari Youtube.

Lebih doyan dengerin lagu daripada nonton film? Cara ini pas banget untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan cepat. Jangan hanya sekedar menikmati musiknya saja. Tapi pahami apa yang diucapkan oleh si penyanyi.

Dengarkan dan pahami lirik lagu tersebut. Ulangi mendengarkannya beberapa kali. Kemudian tulis lirik lagu dalam bahasa Inggris. Setelah lirik lagunya komplit, kamu bisa cocokkan dengan lirik yang tersedia di internet.

Dengan begitu kamu jadi tahu apa yang perlu ditingkatkan. Lakukan secara konsisten dengan mendengarkan lagu yang lain. Semakin sering kamu melakukannya, telingamu akan terbiasa dengan English pronunciation.

5. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Reading: Baca cerita, artikel atau teks dengan suara keras. Semakin sering melakukannya, lidahmu semakin terbiasa.

Yes, you must read English books.

Jangan membayangkan buku Harry Potter (English version) yang tebalnya sampai ratusan halaman apabila kamu diminta membaca buku dalam Bahasa Inggris. Atau membayangkan buku paket atau buku pelajaran yang berisi teori, grammar, struktur dan kosakata. Oh No…!!!

English books yang dimaksud di sini adalah buku bahasa Inggris yang tipis dan bergambar. Yes, you need a story book. Bacalah buku cerita atau artikel yang kosakatanya sesuai dengan kemampuanmu. Setingkat lebih tinggi, nggak masalah koq.

Seperti anak TK saja, baca buku cerita bergambar. Eits, jangan negatif dulu. Belajar dengan media cerita bergambar memberi manfaat yang besar lho. Tahukah kamu dengan membaca buku cerita bergambar kamu jadi lebih ingat dengan kosakata yang ada di dalamnya. Sekaligus, cara ini bisa meningkatkan keterampilan membaca aliasreading dengan cepat karena sesuai dengan kemampuanmu.

Jika membaca buku cerita bergambar bukan hal yang menantang, cobalah membaca cerita pendek. Yap, cerpen tanpa gambar atau novel untuk anak atau remaja. Bacalah dengan suara keras. Cukup keras sehingga kamu bisa mendengarkan suaramu dengan baik.

Cara cepat belajar bahasa Inggris yang berhubungan dengan reading adalah menjadi pembaca yang aktif alias An Active Reader. What??? Pembaca aktif, apa maksudnya tuh?

Perhatikan kata-kata yang ada dalam cerita atau artikel tersebut. Perhatikan susunan kata dan tata bahasa alias grammar yang dipake dalam cerita atau artikel tersebut. Mulai menganalisis. Inilah yang disebut pembaca aktif.

Lakukan kegiatan membaca secara konsisten, misalnya 30 menit setiap hari. Jika kamu bersungguh-sungguh, dalam sebulan kamu akan melihat peningkatan yang signifikan.

6. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Speaking. Berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini bisa memberi hasil yang menakjubkan.

Cara cepat belajar Bahasa Inggris yang keenam adalah berpikir dan berbicara dalam bahasa asing ini. Praktek berbicara atau speaking mungkin adalah hal yang lumrah. Biasa. Bagaimana dengan “berpikir dalam bahasa Inggris”???

Pernah ngobrol dalam bahasa asing ini??? Sadar atau nggak, saat ngobrol kita sering menerjemahkan, entah dari Inggris ke Indonesia atau sebaliknya. Metode “translation” ini kurang efektif untuk meningkatkan keterampilanmu.

Bahkan, kamu jadi keterusan pengen menerjemahkan agar bisa mengerti. Selain itu, responmu jadi lama. Kenapa? Karena kamu harus menerjemahkan dulu, baru memberi respon. Cara ini membuatmu kaku dan kurang natural. Trus gimana donk?

Think in English.

Yap, kamu perlu berlatih untuk berpikir dalam bahasa asing. Cara ini akan membuat otakmu terbiasa mengolah sesuatu dalam bahasa baru. Nah, saat ngobrol, responmu pun jadi lebih cepat tanpa harus menerjemahkan.

Gimana caranya berpikir dalam bahasa asing? Gampang banget! Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan melatih diri untuk berpikir dalam bahasa ini. Dengan kata lain, beri waktu kepada diri untuk terbiasa melakukannya. Ini salah satu cara yang efektif banget untuk meningkatkan keterampilanmu.

7. Cara cepat belajar bahasa Inggris dengan Writing. Tulis dairy, tulis puisi, tulis catatan dan tulis apapun dalam bahasa asing ini. 10 Menit perhari, udah lebih dari cukup!

Nulis? Duh, aku nggak suka nulis!

Eits, tunggu dulu. Jangan langsung mikir kalo nulis dalam bahasa Inggris itu susah dan ribet. Kamu mesti berkenalan dengan yang namanya Creative Writing.

Creative Writing adalah jenis penulisan yang berada di luar ketentuan jurnalistik atau tulisan ilmiah. Kamu bisa nulis sebebas-bebasnya sesuai dengan imajinasi yang kamu miliki. Tema apa? Bebas.

Kadang kalau dikasi tema bebas, jadi bingung mau nulis apa. Mikir kelamaan, eh ujung-ujungnya nggak jadi nulis. Jangan sampai berujung tragis kayak gini ya. Kalau udah komitmen nulis, ya nulis. Nggak ada kompromi. Tulis apa saja dalam bahasa baru.

Cerita yang paling gampang ditulis adalah pengalaman menyenangkan/menyedihkan hari ini. Tulis dalam sebuah diary. Kamu suka nulis puisi? Ayo berkreasi dengan kosakata yang udah kamu pelajari.
dengan cepat.

8. Bangun dan pelihara koneksi dengan orang-orang yang kompeten. Cara cepat belajar bahasa Inggris ini bisa mengantarkanmu kepada sahabat bule.

Buat kamu yang masih sekolah, kamu bisa manfaatkan kesempatan emas ini. Apaan tuh? Lebih akrab dengan guru bahasa Inggris yang kamu miliki sekarang. Kalau perlu, sering-sering praktek dengan guru itu. Cara ini efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing dengan cepat.

Bangun koneksi dengan kakak tingkat yang pintar dan mau berbagi pengetahuan. Ikuti klub dan cari kenalan yang memiliki minat senada denganmu. Simpan nomor telepon / hp mereka dan tetaplah terkoneksi. Dengan begitu kamu punya partner saat ingin berlatih speaking dengan seseorang.

Buat kamu yang udah lulus sekolah, nggak usah khawatir. Ada banyak orang kompeten di luar sana yang bisa kamu ajak berkomunikasi. Bahkan kamu bisa mendakati bule. Jika caramu memulai percakapan menarik perhatian, bisa jadi kalian jadi sahabat. Pengen kan punya teman bule?

9. Mengapa belajar bahasa Inggris? Apa yang akan kamu korbankan untuk bisa mahir dengan cepat?

Nah ini dia hal yang nggak boleh dilupakan. Bahkan kamu harus melakukannya sebelum memulai. Tetapkan satu tujuan. Yup, set a goal!

Tanya kepada dirimu mengapa kamu belajar sebuah bahasa asing. Gali alasan-alasan yang membuatmu (atau memaksamu) untuk tetap semangat. Entah mau masuk ke jurusan Bahasa Inggris di universitas, jadi guide, ingin jadi pengusaha di bidang pariwisata. Ingin punya sahabat atau pasangan bule, atau hanya sekedar membuktikan kepada seseorang yang meremehkanmu.

Apapun tujuanmu, tetapkanlah satu untuk bisa menjadi motivasi setiap kali kamu mengalami kesulitan. Tujuan itu dapat memotivasimu untuk bangun dan tetap melangkah ketika kamu down.

Tips yang terakhir ini sangat essential. Keinginan dari dalam diri. Pacu terus diri dan kemauanmu untuk terus belajar. Sedikit paksaan terkadang juga perlu. Paksa dirimu sembari mencari alasan kuat dan menerapkan cara yang strategis.

Lihatlah seberapa penting bahasa asing mempengaruhi hidup orang-orang di lingkunganmu, terutama mereka yang sudah bekerja. Juga tanyakan kepada dirimu dan jawab dengan jujur “Apakah aku benar-benar ingin belajar bahasa Inggris?” Jika kamu telah menyadari bahwa kamu memiliki sebuah keinginan, perkuat keinginan itu.

***

Semua itu adalah cara cepat belajar Bahasa Inggris yang gampang diterapkan, tapi susah diwujudkan. Cara-cara itu tidak akan bekerja tanpa keinginan yang kuat dari dalam dirimu. Semua kembali kepada seberapa besar keinginanmu.

_______________________________

Yuk persiapkan kemampuan Bahasa Inggris dengan Baik, Cambridge Lhokseumawe dengan senang hati akan membantu kamu. Segera dapatkan kesempatan kursus privat dilatih dari Dasar Jaminan Sampai Lancar.
Mau tahu info lengkap lainnya?

Datang langsung ke Jalan air bersih / jln Karimuddin Hasballah , ruko no 41, disamping mitra klinik, (bisa lewat jln Peutua Ibrahim dekat Kantor RRI pajak inpres) pas di simpang empatnya trus belok kiri, atau telfon aja ke nomor :
0823 6715 2233 ataupun ke nomor
0823 6493 9007 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar