Kamis, 25 Mei 2017

Inilah Alasanya Kenapa Kamu Harus Mendapatkan Beasiswa LPDP?


Kenapa Kamu Harus Mendapatkan Beasiswa LPDP?


Mungkin kamu bertanya, kenapa harus melanjutkan kuliah dengan dukungan beasiswa LPDP. Sebenarnya apa yang istimewa dari LPDP?. Berikut adalah sederet alasan kenapa beasiswa LPDP adalah dukungan finansial terbaik yang bisa kamu dapatkan:


1. Siapa saja bisa melamar beasiswa LPDP


Tidak harus PNS, tidak harus dosen, tidak harus punya pengalaman kerja, bahkan termasuk kamu yang masih menganggur belum bekerja (*mulai akhir tahun 2013, pelamar dengan status dosen tetap PTN/PTS dan telah memiliki NIDN disarankan mealamr beasiswa Dikti, bukan LPDP. Pelamar dengan status tersebut jika lolos seleksi LDPD nantinya akan direkomendasikan namanya ke DIKTI)

2. Kamu bisa apply beasiswa ini dari mana saja


Diamanpun kamu berada, kamu bisa melamar beasiswa LPDP, selama kamu adalah warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan KTP Indonesia. Bahkan jika kamu sedang berada di luar negeri, kamu bisa melamarnya dari sana.

3. Kamu bisa apply beasiswa ini kapanpun

Kamu bisa masukkan lamaranmu sepanjang tahun, jika kamu lolos administrasi maka akan diproses di seleksi wawancara terdekat. Jika kamu belum berhasil kamu masih bisa mencoba lagi, mencoba lagi, mencoba lagi sambil memperbaiki kekurangan kamu

4. Beasiswa LPDP akan menanggung berapapun besar SPP kuliahmu nantinya

Bahkan beasiswa ini telah membuktikan diri membayarkan biaya SPP seorang penerima beasiswa yang memilih bersekolah di Naval Academy USA yang mewajibkan pembayaran SPP 100% dibayar di muka hingga lebih dari Rp 3 milyar.

5. Beasiswa LPDP menjamin pembayaran yang transparan

SPP (langsung di bayar ke university) dan pengiriman Living Alowance TEPAT WAKTU (langsung ke rekening student) dengan besar sesuai dengan apapun kondisi standar hidup di negara bersangkutan.

6. Beasiswa LPDP menyediakan program pembekalan nasionalisme dan kepemimpinan

Sebelum penerima beasiswa melaksanakan studinya dengan melibatkan tokoh-tokoh nasional dan bekerja-sama dengan TNI, bahkan untuk angkatan I & II ini penerima beasiswa akan melakukan program pembekalan di atas kapal TNI AL.

7. Beasiswa LDPD ini berasal dari dana abadi pendidikan

Bagian dari dana 20% alokasi pendidikan RAPBN negara kita yang disisihkan dan diinvestasikan. Hasil investasi inilah yang secara flexibel siap dimanfaatkan untuk beasiswa & penelitian di Indonesia, dengan Dana Pokok Investasi yang senantiasa bertambah setiap tahunya. Dana pendidikan ini 100% dikelola oleh LPDP sehingga terbebas dari dinamika politik & birokrasi yang sering kali membuat beasiswa terhenti atau terlambat diterima mahasiswa.

8. Mirip dengan beasiswa di negara lain

Beasiswa LPDP ini mirip dengan beasiswa Australia Leadership Award (ALA), sebuah beasiswa prestisius yang diberikan pemerintah Australia untuk calon pemimpin asia pasifik. Atau beasiswa fullbright Amerika. Beasiswa LPDP menaruh perhatian kepada pemuda Indonesia yang berpotensi membangun daerah Indonesia.

9. Tidak ada batasan kuota penerima beasiswa


Menariknya, beasiswa LPDP ini tidak mengenal Kuota alias Tidak Ada Persaingan antar Peserta! Bisa dikatakan setiap peserta hanya bersaing dengan dirinya sendiri, hanya memastikan apakah ia benar-benar telah memenuhi kualifikasi yang dicari ama LPDP. Jika ya maka pasti dapet, nggak perduli berapapun jumlah pelamar jika cocok semua ya dikasih semua. Untuk beasiswa Master & Doktor, berapapun biaya SPP Studinya jika memang cocok sesuai kualifikasi LPDP ya pasti diterima dan dibayarin semuanya!

Catatan:
Saat ini LPDP sudah mulai mengaplikasikan kuota 60:40. Maksudnya adalah 60% untuk kuliah S2 dan S3 dalam negeri, sedangkan 40% untuk kuliah S2 dan S3 di luar negeri.



Ayoo. Pilih Beasiswa Yang Mana, Chevening, Fulbright , ADS dan LPDP ?

Antara Chevening, Fulbright , ADS dan LPDP. Mana yang Tepat Untukmu?


Sebelum menentukan untuk studi di luar negeri, pastinya kamu telah mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari negara tujuan, kampus, lingkungan, hingga cost (pembiayaan). Apalgi jika kamu menerima beasiswa. Hal itu tentu merupakan suatu anugerah yang ingin dimiliki oleh semua mahasiswa di Indonesia yang memimpikan bisa kuliah di luar negeri.

Berbicara mengenai beasiswa, jangan asal setuju jika menerima beasiswa. tetapi Kamu juga harus tahu beberapa hal berikut:
  1. Visi-misi beasiswa tersebut serta manfaatnya.
  2. Progress apa yang dicari hingga bagaimana pembiayaannya. 
  3. Apa tujuannya? 
Agar kamu tak salah dan menyesal jika kelak menerima beasiswa tersebut. Jangan sampai ketika di tengah masa studi kamu merasa beban ketika menjalaninya.


Tiga hal penting yang perlu kamu pahami adalah pembiayaan, kerapihan administrasi donor, dan tujuan pemberian beasiswa. Diantara ketiga hal tersebut, hal yang paling signifikan dalam memilih beasiswa adalah pembiayaan. Bukankah jika menerima beasiswa semua beasiswa akan tercover? Memang benar, namun ada beasiswa tertentu yang memiliki ketentuan khusus yang harus kamu pahami terlebih dahulu sebelum benar-benar setuju untuk menjadi penerima beasiswa tersebut. Kali ini kita akan mengupas tenang empat beasiswa, yakni Chevening, Fulbright, ADS (Australian Development Scholarship) dan LPDP ( Lembaga Pembiayaan Dana PEndidikan).

1. Fulbright Scholarship

Beasiswa untuk menempuh study di USA  ini  ditangani secara langsung oleh AMINEF. Berbeda dengan beasiswa lainnya, dengan beasiswa FulBright kamu bisa memilih kampus setelah dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa. Akan tetapi, kamu bisa mnegajukan kampus mana yang akan kamu pilih dengan surat persetujuan dari AMINEF.

2. Chevening Scholarship

Beasiswa Chevening mengajarkan kamu untuk mandiri di berbagai hal. Semua proses aplikasi pendaftaran hingga kampus yang dituju harus ditentukan sendiri sejak awal. Konsekuensi yang terjadi, kamu harus bisa mempertanggungjawabkan keputusanmu jika kelak ada yang tak berjalan sesuai dengan prosedur. Jika dana pendidikan yang diterima tidak mencukupi kebutujan kamu, Chevening tidak akan mengkonfirmasi LoA dari kampus idaman tanpa bukti kecukupan dana dari Bank.

3. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)


LPDP dikenal sebagai beasiswa yang Indonesia banget. Karena LPDP merupakan satu-satunya beasiswa Indonesia yang bergegnsi dan di dedikasikan untuk pelajar Indonesia. Hal ini sejalan dengan tujuan LPDP yang ingin menumbuhkan karakter bangsa pada penerima beasiswa. Selain itu, pemilihan beasiswa terhadap kampus-kampus yang dituju termasuk dalam top 200 universitas. Bahkan dari universitas-universitas tersebut terdapat beberapa kampus yang memang terkenal dengan cost-nya yang mahal.

ADS (Australian Development Scholarship)

ADS memang terkenal sebagai beasiswa yang paling royal dalam hal pendanaan. Semua biaya telah ditanggung, jumlah biaya hidup yang diberikan cukup besar jika dibandingkan dengan Fulbright, Chevening, maupun LPDP. Kelebihan lainnya adalah, ADS mengizinkan penerima beasiswa untuk bekerja (di luar Teaching & Research Assistanship) dan mendapatkan gaji di Australia,
Sekarang mari kita refleksikan ke empat beasiswa tersebut. Bukan bermaksud membandingkan. Namun lebih kepada bagaimana kamu bisa memilih beasiswa yang pas untukmu. Jika pilihan beasiswamu sudah tepat, bisa dipastikan ketika kamu menerima beasiswa dari lembaga tersebut, jaminan pendidikan biaya kamu akan tercover dengan aman.

Kelebihan dari Fulbright dan ADS mengurus semua proses aplikasi penerima beasiswa ke kampus-kampus yang dipilih. Tak kalah pentingnya adalah tujuan beasiswa tersebut memberikan beasiswa. Beasiswa Fulbright, Chevening, ataupun ADS, merupakan beasiswa yang lebih menekankan bagaimana penerima beasiswa menanamkan budaya kultural. Maka jangan heran jika kamu menempun pendidikan di negara tersebut, kamu diwajibkan untuk mempelajarinya budayanya. Selain itu, prestasi akademik kamu harus kuat disini. Lain halnya dnegan LPDP. LPDP menekankan bagaimana kamu harus mendedikasikan pribadimu setelah lulus nanti. Jadi di LPDP ada semacam kewajiban untuk mengabdi untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Semacam timbal balik atas beasiswa yang kamu terima.

Menentukan beasiswa yang sesuai dan tepat memang gampang-gampang susah. Mengingat semua beasiswa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Terpenting, kamu harus bisa menyiapkan mental kamu untuk menjadi penerima beasiswa yang bertanggung jawab atas beasiswa tersebut. Selamat berjuang.
\
 

Rahasia Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP.



Beasiswa seperti misalnya LPDP adalah suatu hal yang sangat wajar dicari oleh banyak pelajar dan mahasiswa kaitannya dengan kesempatan dan kelangsungan studi mereka. Dalam konteks beasiswa di lingkup Indonesia, beasiswa yang dikenal dengan sebutan LPDP bisa dibilang sedang sangat populer saat ini. Program beasiswa ini diberikan kepada pelajar dan mahasiswa dari Indonesia untuk bisa melanjutkan studi di jenjang yang lebih tinggi baik itu di dalam maupun di luar negeri. Satu fakta mengejutkan sekaligus menyenangkan dari beasiswa LPDP ini adalah bahwa tidak ada kuota yang menjadi batasan penerimanya. Tanpa adanya kuota sebenarnya yang dibutuhkan hanya lolos seleksi di semua tahapan yang ada. Jadi sebenarnya beasiswa LPDP itu tidak sulit untuk diraih.



1. Seleksi Administratif
Tahapan paling awal dari seleksi untuk mendapatkan beasiswa LPDP adalah tahapan yang disebut seleksi administratif. Bisa dibilang dalam tahapan seleksi ini belum ada tes yang diikuti da dilakukan para pemohon beasiswa LPDP. Para pemohon hanya harus diwajibkan mengirimkan dan memenuhi semua syarat dokumen dan administrasi agar bisa dipertimbangkan untuk lolos dan mengikuti seleksi tahap berikutnya. Memang terdengar mudah dan sepele bahkan, namun pada kenyataannya banyak juga pemohon yang pada akhirnya gagal melewati tahapan ini karena berbagai hal yang bisa juga sepele.

Kuncinya dalam melewati tahapan seleksi ini adalah untuk benar-benar memperhatikan dan memahami persyaratan administrasi dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pastikan untuk mempersiapkan semua hal tersebut jauh-jauh hari dan rutin periksa ulang semuanya. Pantau selalu sumber informasi mengenai LPDP jika ternyata ada perubahan baik itu tanggal seleksi atau persyaratan yang diperlukan. Satu contoh adalah bahwa ada yang namanya jalur LoA dan jalur tanpa LoA ketika mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP. Tentu dua jalur berbeda tersebut memiliki perbedaan dalam persyaratan dokumen yaitu LoA atau anda bukti penerimaan mahasiswa dari universitas yang dipilih.


2. Wawancara
Setelah pemohon beasiswa LPDP dinyatakan lolos dalam seleksi administratif maka tahapan selanjutnya adalah wawancara. Mulai tahapan ini bisa dibilang seleksi yang sesungguhnya sudah dimulai. Dalam presentasenya bisa dibilang 50% dari kemungkinan kamu lolos bisa mendapatkan beasiswa LPDP ditentukan dari tahap wawancara ini jadi kamu harus benar-benar menyiapkan diri untuk tahapan ini. Pemohon akan bertemu panelis yang bisa terdiri dari profesor atau dosen ahli dalam bidang yang akan diambil pemohon, psikolog, dan staff dari LPDP. Tugas pemohon dalam wawancara ini adalah meyakinkan panelis untuk bisa meloloskan pemohon. Hal-hal yang ditanyakan biasanya mencakup kualifikasi pemohon, alasan pemohon mengambil studi, esai mengenai kontribusi untuk Indonesia, dan rencana setelah nanti selesai menempuh studi tersebut.



Yang perlu diantisipasi dalam tahap ini adalah tentu pertanyaan dari para panelis. Kamu bisa memaksimalkan hasil dalam seleksi ini dengan cara menguasai esai yang sudah ditulis, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin ditanyakan dan berlatih menjawabnya, tetap tenang, dan pastikan untuk selalu berlatih wawancara setiap waktu. Tahap wawancara ini sangat mirip dengan ujian pendadaran jadi jika kamu sudah lulus S1 dan berniat melanjutkan ke jenjang S2 maka kamu tidak perlu khawatir mengenai wawancara. Jika kamu belum pernah mengalaminya maka pastikan terus berlatih wawancara.

3. Leaderless Group Discussion
Tahap ini bisa dibilang sebagai tahapan yang akan menguji kemampuan penguasaan berbagai materi dan juga kemampuan berkomunikasi. Dalam tahapan ini akan ada antara 10 hingga 13 orang yang ditempatkan dalam sebuah ruang diskusi dimana akan ada juga 3 psikolog yang menjadi pengawas dan juga semacam penilai. Tema-tema spesifik akan diberikan untuk bahan diskusi yang biasanya berupa hal-hal yang sedang ramai dibicarakan. Para psikolog akan melihat serta menilai bagaimana pemohon mengekspresikan diri melalui berbagai ide sesuai topik, menawarkan solusi, dan berdiskusi dengan pemohon yang lain. Jika ingin mendapatkan nilai lebih maka cobalah untuk menjadi seorang moderator atau penghubung karena memang tidak ada yang bertugas demikian dalam LGD. Sebagai moderator kamu harus bisa mengatur jalannya diskusi agar tidak ada pihak-pihak yang cenderung mendominasi diskusi sementara sisanya hanya diam saja. Dalam hal berpendapat usahakan untuk isa sekreatif mungkin agar mendapatkan nilai lebih juga. Untuk memaksimalkan hasil dalam tahapan ini kamu harus selalu mengikuti perkembangan terkini dalam berbagai hal.



4. Persiapan Keberangkatan
Tahapan terakhir ini bisa dibilang adalah sebuah formalitas saja. Pada dasarnya pemohon yang sudah lolos dalam tahapan ini sudah bisa dipastikan untuk mendapatkan beasiswa LPDP. Intinya dalam tahapan ini adalah pemohon akan disiapkan untuk lebih fokus pada studi yang akan diambil. Selain itu akan ada juga pengembangan diri agar supaya nanti ketika menempuh studi para penerima beasiswa tetap ingat akan apa yang sudah disampaikan sebelumnya kaitannya dengan kontribusi untuk Indonesia. Maksimalkan tahapan ini dengan selalu mengikuti semua kegiatan yang diadakan dengan antusias.

Itu tadi adalah tahapan-tahapan seleksi dalam beasiswa LPDP yang sebenarnya memang tidak sulit. Jika semua sudah dipersiapkan maka hasilnya akan bisa maksimal dan bukan tidak mungkin bahwa kamu bisa langsung mendapatkan beasiswa LPDP dalam kesempatan pertama. Semangat!

Nah, sudah mengerti kan dengan penjelasan di atas? Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Langsung saja hubungi kami di Cambridge Lhokseumawe, We are your English solution!



Perpustakaan Digital Milik Perguruan Tinggi di Dunia





Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang wajib ada di sebuah lembaga pendidikan, tidak terkecuali perguruan tinggi. Perpustakaan in...

Perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang wajib ada di sebuah lembaga pendidikan, tidak terkecuali perguruan tinggi. Perpustakaan ini merupakan sumber belajar bagi para mahasiswa untuk mendapatkan referensi tambahan dalam mengerjakan tugas maupun melakukan pendalaman materi. Apakah kamu salah satu jenis mahasiswa yang suka mengunjungi perpustakaan? Perpustakaan merupakan tempat yang paling tepat dan nyaman untuk belajar. Selain dekat dengan sumber belajar, perpustakaan juga menyediakan suasana yang kondusif.


Ketika berbicara tentang perpustakaan, saat ini terlah berkembang perpustakaan digital yang memungkinkan semua orang dapat mengasesnya dengan mudah. Berbagai perguruan tinggi di duniapun telah menyediakan fasilitas perpustakaan digital bagi mahasiswa, khususnya dan semua orang pada umumnya. Perguruan tinggi yang telah menyediakan fasilitas perpustakaan digital, antara lain:


1. Perpustakaan Universitas Harvard. Kamu dapat mencari hingga 24 koleksi yang berbeda mulai dari gambar budaya Asia Timur ke abad ke-19 serta kartu perdagangan Amerika.

2. Perpustakaan Universitas Yale. Kamu dapat menemukan naskah-naskah kuno atau membaca buku klasik yang disimpan secara digital dan menjadi milik Perpustakaan Universitas Yale.

3. Program Perpustakaan Digital Universitas Indiana. Kamu dapat mendownload naskah dari Isaac Newton atau melihat foto-foto, film sastra dan musik di perpustakaan ini.

4. Pusat Multimedia dan Digital Universitas Negeri Michigan. Kamu dapat mencari beberapa teks dari penulis seperti Joseph Conrad, Aesop Fabel, buku resep memasak, dan teks lainnya dalam format PDF.

5. Perpustakaan Digital Universitas Columbia. Kamu dapat melihat salah satu dari lebih 10 koleksi digital yang berbeda yang berkisar dari abad pertengahan dan awal naskah Renaissance dengan gambar arsitektur.

6. e-Archives Universitas Purdue. Kamu dapat menemukan informasi tentang Amelia Earhart untuk sejarah Purdue di arsip koleksi digital Purdue.

7. Proyek Perpustakaan Digital Universitas Rutgers. Kamu dapat mempelajari tentang sejarah alkohol, New Jersey, orang Italia, dan masih banyak lagi.

8. Perpustakan Universitas Negeri Ohio. Kamu dapat melihat foto-foto ekspedisi burung ke Kutub Selatan, belajar tentang wanita Burlesque, dan lebih banyak lagi.

9. Perpustakaan Digital Universitas Syracuse. Kamu dapat menemukan informasi menarik tentang sejarah wilayah New York.

10. Pameran Perpustakaan Digital Universitas Ohio. Kamu dapat mempelajari tentang sejarah Ohio, kunjungan orang-orang penting, dan lebih banyak lagi.

11. Perpustakaan Universitas Brown, Pusat Inisiatif Digital. Koleksi ini mencakup topik-topik menarik seperti topik tentang Abraham Lincoln, Napoleon, dan Afrika Amerika dan Yiddish lembaran musik.

12. Koleksi Perpustakaan Digital JSU Houston Cole. Selain profil dari beberapa tokoh sejarah lokal, ada koleksi sejarah lisan dari orang-orang yang hidup melalui era bersejarah awal hingga pertengahan abad ke-20 di Amerika.

13. Perpustakaan eBook Kelvin Smith. Perputakaan ini berisi ebook teks referensi yang lengkap untuk panduan gaya untuk drama klasik. Mereka juga memiliki koleksi eksklusif buku Amerika dan Inggris.

14. Perpustakaan EOS Universitas Chicago. Melalui perpustakaan ini kamu dapat mencari teks elektronik berbasis gambar yang tersedia untuk semua orang.

15. Perpustakaan eBook Universitas Adelaide. Perpustakaan Australia ini menawarkan teks gratis untuk semua orang. Kamu dapat memperoleh teks yang kamu inginkan hanya dengan menelusuri penulis, judul, kronologi, atau temanya.

16. Perpustakaan Medis Welch. Perpustakaan ini di bawah naungan Lembaga Medis Johns Hopkins, perpustakaan ini menawarkan fitur pencarian untuk artikel yang dipublikasikan dalam jurnal medis dan online. Mereka juga menawarkan link ke topik lain seperti pengobatan alternative, dan lain sebagainya.

17. Pusat Perawatan Kanker Universitas Texas MD Anderson. Setiap halaman di situs ini menyediakan banyak informasi yang menjelaskan tentang jenis-jenis kanker serta topik yang terkait dengan kanker seperti nyeri, kelelahan, dan factor genetika.

18. Perpustakaan Online Pusat Medis Universitas Duke. Dapatkan database, jurnal, tutorial, informasi peralatan, dan hal lainnya di perpustakaan medis ini.

Mau Kuliah ke luar negeri, agar bisa menikmati fasilitas belajar level internasional.

Yuk persiapkan kemampuan Bahasa Inggris dengan Baik, Cambridge Lhokseumawe dengan senang hati akan membantu kamu. Segera dapatkan kesempatan kursus privat dilatih dari Dasar Jaminan Sampai Lancar.
Mau tahu info lengkap lainnya?

Datang langsung ke Jalan air bersih / jln Karimuddin Hasballah , ruko no 41, disamping mitra klinik, (bisa lewat jln Peutua Ibrahim dekat Kantor RRI pajak inpres) pas di simpang empatnya trus belok kiri, atau telfon aja ke nomor :
0823 6715 2233 ataupun ke nomor
0823 6493 9007 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Selasa, 02 Mei 2017

TIPS TOEFL & IELTS: Cara Belajar Bahasa Inggris Untuk Kamu yang Masih SMA

Ingin kuliah di luar negeri berarti kamu harus bisa berbicara menggunakan bahasa di negara tersebut ya. Minimal kamu harus bisa menguasai bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Mungkin buat kamu yang sudah berpenghasilan kamu bisa dengan mudah pergi ke tempat kursus. Tapi bagaimana dengan kamu yang mungkin masih SMA atau tidak punya penghasilan namun tidak ingin membebani orang tua?

Menjawab pertanyaan di atas, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara otodidak. Waktunya pun bisa menyesuaikan dengan kamu yang masih sekolah. Kira-kira bagaimana sih cara buat kita yang masih SMA untuk belajar bahasa Inggris? Berikut kami rangkumkan buatmu!


1. Bulatkan tekad
Kamu tidak akan serius belajar apapun ketika tekadmu belum kuat. Tanyakan dulu kepada dirimu sendiri mengenai tujuan atau goal-mu. Misalnya saja tujuanmu adalah untuk bisa meneruskan kuliah sarjana ke luar negeri. Selanjutnya tanyakan kepada dirimu seberapa besar kamu menginginkannya.

Kalau kamu benar-benar menginginkannya maka kamu akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya. Karena tujuanmu adalah kuliah ke luar negeri tentu kamu harus bisa bahasa Inggris. Ini kemudian yang menjadi dasar kuatnya tekadmu untuk bisa berbahasa Inggris.

Jadi, apa alasanmu ingin bisa berbahasa Inggris?



2. Belajar mulai dari yang dasar

Sebagai siswa SMA, tentu kamu sudah pernah mengalami belajar bahasa Inggris mulai dari tingkat SD dan SMP. Biasanya yang diajarkan adaah bahasa Inggris dasar. Contohnya seperti bagaimana menyebut benda dalam bahasa Inggris, perkenalan, berterima kasih, dan lain sebagainya. Nah, untuk bisa berbahasa Inggris dengan lancar kamu perlu mengetahui dasar-dasar ini terlebih dahulu. Tidak ada salahnya mengulang pelajaran bahasa Inggris saat kamu SD dan SMP lho!


3. Tambah vocabulary pakai flash card

Agar kamu bisa lancar berbahasa Inggris, maka kamu harus mempunyai banyak kosakata atau vocabulary. Semakin banyak kosakata yang kamu mengerti akan semakin baik. Namun sayangnya menambah kosakata sering jadi kendala karena membosankan. Bisa kamu bayangkan jika kamu membaca kamus bahasa Inggris yang tulisannya kecil dan tidak ada gambar. Uh, gak menarik banget kan?

Untuk menyiasati itu, kamu bisa menggunakan flash card. Apa sih itu flash card? Flash card adalah kartu bergambar yang di bawahnya aa keterangan kosakata bahasa Inggris dan bahasa Indonesianya. Kamu bisa membuat sendiri flash card-mu lho!

4. Luangkan waktu 2 jam sehari untuk belajar.

Kalau kamu sudah bertekad untuk belajar bahasa Inggris, maka selanjutnya kamu harus membuat sebuah komitmen dengan dirimu sendiri. Buatlah jadwal belajar bahasa Inggris yang menyesuaikan dengan kegiatanmu. Selain itu, luangkan waktumu selama beberapa jam khusus untuk belajar bahasa Inggris. Dengan begitu kamu akan focus ketika belajar.

5. Belajar grammar.

Sudah punya banyak vocabulary  dan sudah tahu dasar bahasa Inggris? Selanjutnya, kamu perlu belajar grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris. Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa harus belajar grammar. Itu karena tata bahasa Inggris berbeda dengan bahasa Indonesia yang sehari-hari kita gunakan. Maka dari itu, kamu perlu membiasakan diri dengan tata bahasa Inggris jika ingin lancar berbicara.

6. Pakai musik dan film
Salah satu cara yang paling menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris adalah dengan music dan film. Lagu dan film Hollywood akan membantu kamu untuk terbiasa mendengar bahasa Inggris. Selain itu, ketika kamu mendengar lagu atau menonton film kamu “dipaksa” untuk mengerti jalan ceritanya. Maka kamu akan terpacu untuk mengetahui arti lirik atau percakapan yang terjadi.

7. Sering baca artikel berbahasa Inggris dengan lantang.

Membaca adalah salah satu cara membuka pikiran. Tapi dalam kasus belajar bahasa Inggris, membaca akan membantumu terbiasa dengan teks berbahasa Inggris dan menambah kosakata baru. Selain itu, untuk melatih kemampuanmu berbicara bahasa Inggris, kamu bisa membaca artikel atau buku berbahasa Inggris dengan lantang.


8. Gunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari

Ketika kamu sudah punya komitmen dan tekad yang kuat untuk segera bisa berbahasa Inggris maka kamu juga perlu melakukan hal ini. Pilihlah satu hari dalam seminggu untuk kamu seharian berbahasa Inggris. Ini akan membantu kamu terbiasa dengan bahasa yang baru kamu pelajari. Selain itu, belajar bahasa memang harus selalu disertai dengan praktek. Tanpa praktek maka pelajaranmu selama ini tidak akan ada kemajuannya.


9. Pantang menyerah

Saat kamu menggunakan bahasa Inggris dengan temanmu yang sudah lebih jago berbahasa Inggris, mungkin kamu akan mendapat kritik atau ditertawakan. Eits, jangan buru-buru menyerah jika mendapatkan hal tersebut. Meski kamu diolok-olok kamu harus tetap bersemangat. Ingat, ketika belajar kamu tidak akan langsung mahir. Contohnya saja bayi yang belajar berjalan, ia akan jatuh dulu baru bisa berjalan dengan lancar. Jadi, kumpulkan semangatmu untuk terus belajar ya!


10. Coba bicara dengan bule

Berbicara mengenai praktek berbahasa Inggris sehari-hari, mungkin kamu akan melatihnya dengan temanmu. Tapi ada baiknya jika kamu juga belajar untuk berbiacara bahasa Inggris dengan native speaker atau penutur asli. Dengan kata lain, kami menantang kamu untuk berbicara bahasa Inggris dengan bule. Cara ini akan sangat efektif buat meningkatkan pelajaranmu lho! Jadi, berani mengambil tantangan ini?





Penulis: Resa Eka Ayu Sartika adalah penulis yang saat ini sedang mempersiapkan studi masternya. Ia aktif menulis sejak tahun 2014.


Nah, sudah mengerti kan dengan penjelasan di atas? Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Langsung saja hubungi kami di nomor 0823 6715 2233

Cambridge Lhokseumawe, We are your English solution!

LUTFI PRAYOGI: Pemuda Asal Depok yang Kuliah di The University of Auckland, Selandia Baru

Baru Tamat SMA?
Mau Kuliah kemana?



Lutfi Prayogi adalah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang beruntung karena diberikan kesempatan  untuk terbang ke New Zealand dalam rangka menempuh program master di University of Auckland. Pengalamannya tinggal di New Zealand membuat Lutfi mengerti bahwa pengalaman tinggal di negara lain sangatlah penting. Berikut ini cerita lengkap yang dibagikan Lutfi.

Halo teman-teman, salam kenal. Nama saya Lutfi Prayogi, domisili di Depok, Jawa Barat. Terakhir kali kuliah di The University of Auckland (UoA), Selandia Baru, program Master of Urban Planning angkatan 2014.

Banyak juga yang tanya pertimbangan apa yang saya lakukan ketika memilih NZ. Jawabannya, Selandia Baru adalah negara kecil yang damai dan sejahtera, sangat berbeda dari Indonesia yang besar namun masih dihantui berbagai masalah pelik. Selandia Baru juga merupakan negara Barat yang secara geopolitik berbeda dari mayoritas negara Barat lain. Selain karakteristik Selandia Baru tersebut, yang membuat saya tertarik untuk melanjutkan kuliah di Selandia Baru adalah persepsi saya mengenai sedikitnya mahasiswa dan warga Indonesia di negara ini. Di sisi lain, kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh UoA tidak jauh berbeda dari yang ditawarkan oleh banyak institusi pendidikan tinggi di Amerika Utara, Eropa Barat, dan Australia.


Hal yang dipelajari dalam jurusan:
Saya mempelajari mengenai fenomena perkembangan kota di berbagai masa serta mazhab-mazhab utama perencanaan kota yang telah dikenal dan diaplikasikan secara luas. Selanjutnya saya mempelajari berbagai isu yang perlu diperhatikan terkait perencanaan dan perancangan kota di era kontemporer.Pada akhirnya saya berlatih merencanakan dan merancang kota dengan metode dan alat yang umum digunakan hariini.
Kalau ngomongin soal fasilitas, bisa di bilang bagus banget. Fasilitas yang disediakan oleh UoA benar-benar sangat lengkap. Fasilitas yang disediakan membuat proses belajar dan meneliti menjadi sangat menyenangkan dan dapat dinikmati. Fasilitas tersebut juga sangat merangsang mahasiswa untuk belajar dan meneliti secara serius. Fasilitas yang saya favoritkan adalah meja kerja dan loker pribadi, dapur mini, komputer canggih berlayar lebar serta sambungan internet yang sangat cepat, mesin pencetak (printer) serbaguna yang dikenakan tarif rendah, serta langganan jurnal akademik yang seakan tanpa batas.

Sistem Perkuliahan dan Ujian
Tidak ada yang spesial dari sistem perkuliahan di jurusan saya. Beban kuliah di alokasikan melalui sistem poin (semacam SKS). Dosen menjelaskan dasar-dasar dari pengetahuan yang ingin disampaikan kemahasiswa melalui sesi ceramah/tatap muka, mahasiswa kemudian mengembangkan dasar-dasar pengetahuan tersebut dengan mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Kunjungan lapangan sesekali diadakan untuk memperjelas hal-hal yang disampaikan oleh dosen saat ceramah ataupun untuk menjelaskan mengenai tugas yang perlu diselesaikan oleh mahasiswa.Tidak ada yang spesial juga dari sistem ujian di jurusan saya. Ujian diadakan untuk mengujikan hal-hal yang telah dibahas oleh dosen di sesi ceramah. Ada beberapa hal unik yang dilakukan oleh pihak universitas untuk mencegah mahasiswa berlaku curang saat ujian, seperti pengacakan ruang ujian dan pemeriksaan peralatan elektronik.

Dosen favorit saya adalah Dr. Marjorie van Roon, dosen mata kuliah Urban Planning and the Environment. Tidak ada yang spesial dari cara beliau mengajar. Namun, saya sangat mengapresiasi silabus yang beliau susun.Silabus yang beliau susun menginspirasi saya mengenai bagai mana seharusnya seorang cendekia berpikir dan mengaktualisasikan pemikirannya. Dosen adalah manusia biasa dengan berbagai ragam sifatnya. Salah satu tips pragmatis untuk dapat menjadi mahasiswa yang sukses adalah dengan menganggap dosen sebagai fasilitator proses belajar kita. Mereka ada untuk membantu kita di berbagai tahap pembelajaran kita.
Saya hanya sesekali berpartisipasi di kegiatan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Auckland serta masyarakat Indonesia di Auckland. Kegiatan-kegiatan yang saya ikuti antara lain adalah diskusi, pengajian, pameran Indonesia, dan pentas budaya Indonesia.


Tempat Tinggal di Selandia Baru:
Saya tinggal di apartemen yang dimiliki oleh swasta (bukan dimiliki oleh universitas). Menurut saya pemilihan tempat tinggal adalah suatu hal yang sangat krusial dan rumit. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih tempat tinggal, seperti lokasi, biaya, kualitas properti, jenis properti, kawan berbagi tempat tinggal, dsb. Saya menyarankan kepada setiap calon mahasiswa di luar negeri untuk mengalokasikan waktu dan energi yang cukup untuk memilih dan menentukan tempat tinggal.

Langkah pertama dalam memilih tempat tinggal adalah menetapkan hal-hal yang menjadi prioritas kita dalam pertimbangan pemilihan tempat tinggal, misal: lokasi harus dalam 10 menit berjalan kaki dari kampus, biaya sewa maksimal 200$/minggu, dsb. Langkah kedua adalah menyusun daftar alternatif tempat tinggal berdasarkan berbagai pertimbangan yang telah kita susun dan prioritaskan. Langkah ketiga adalah mengecek langsung properti yang kita inginkan untuk menjadi tempat tinggal kita.

Selandia Baru adalah negara yang dikaruniai Tuhan tanah yang indah serta kondisi geopolitik yang relatif minim konflik. Hal pertama yang saya kagumi dari Selandia Baru adalah kemampuannya mengelola industri peternakan serta turunannya hingga mampu menyejahterakan penduduknya. Pengelolaan industri tersebut mampu menyejajarkan kesejahteraan penduduknya dengan kesejahteraan penduduk negara-negara lain yang sejahtera akibat industri manufaktur. Hal kedua yang saya kagumi dari Selandia Baru adalah pengelolaan obyek-obyek pariwisatanya yang membuat pengalaman berwisata di Selandia Baru menjadi amat sangat menyenangkan.

Soal kebiasaan belajar, tidak ada yang spesial dari cara belajar yang saya lakukan. Saya hanya menetapkan bahwa dalam seminggu saya harus belajar sekitar 5 x 8 jam, baik berupa menghadiri ceramah atau pun mandiri mengerjakan tugas. Untuk mengatasi kebosanan, terkadang saya berpindah-pindah tempat belajar. Sebagian besar waktu saya belajar di meja kerja saya, namun terkadang saya belajar di perpustakaan dan di taman.

Nah, yang bikin galau kalau kangen masakan Indonesia. Hanya ada sekitar 3-4 restoran Indonesia di Auckland, namun ada banyak warga Indonesia yang menyediakan layanan katering makanan Indonesia.

Gambaran singkat biaya hidup di Auckland:
Untuk gaya hidup normal dibutuhkan sekitar 1,500 NZD (15 juta IDR) per bulan. Pengeluaran tersebut sudah termasuk akomodasi yang layak, konsumsi yang sehat, pengeluaran transportasi umum secukupnya, serta kebutuhan-kebutuhan tersier (makan di restoran, menonton di bioskop, jalan-jalan, beli pakaian bagus) secukupnya.

Pengalaman Unik:
Pengalaman unik pertama adalah harus menjelaskan dengan sabar mengenai identitas diri saya (Indonesia dan Islam) yang disalah pahami oleh sebagian orang. Pengalaman unik kedua adalah mempresentasikan karya dan buah pemikiran saya di depan banyak orang dari berbagai negara serta mendapatkan penghargaan atas presentasi tersebut.


Tips dan Motivasi
Selagi muda dan belum ada hambatan berarti untuk meninggalkan tanah air, merantaulah ke luar negeri, baik untuk belajar atau pun untuk mencari pengalaman kerja. Merantaulah ke tempat yang kamu rasa berbeda dari tempat tinggal kamu saat ini. Ilmu dan pengetahuan yang kamu dapatkan di tempat tersebut akan sangat bermanfaat untuk hidup kamu seterusnya.




Reporter: Adelina Mayang.
∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆∆
Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jalan air bersih / jln Karimuddin Hasballah , ruko no 41, disamping mitra klinik, (bisa lewat jln Peutua Ibrahim dekat Kantor RRI pajak inpres) pas di simpang empatnya trus belok kiri, atau telfon aja ke nomor :
0823 6715 2233 ataupun ke nomor
0823 6493 9007 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!