Selasa, 21 Januari 2020

Daftar istilah Pemilu/ Pilkada dalam Bahasa Inggris

Berikut daftar istilah pemilu/ pilkada dalam Bahasa Inggris:

1. General Election = Pemilihan Umum (Pemilu)

Pemilu adalah langkah yang ditempuh untuk merayakan demokrasi dan sering disebut sebagai pesta demokrasi di mana rakyat diberikan hak untuk memilih orang-orang yang dapat menjadi penyalur aspirasi mereka.

Pemilu dilakukan untuk memilih wakil-wakil rakyat yang akan duduk di menempati posisi di lembaga perwakilan rakyat. Selain itu, pemilu adalah wujud kedaulatan rakyat.

Selain Pemilu, ada juga Pemilihan Presiden atau Pilpres (Presidential Election), Pemilihan DPR/ DPRD/ DPD (Indonesian Legislative Election) dan Pemilihan Kepala Daerah.

2. Local Leaders Election (U.S.) atau District Heads Election (U.K.) = Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada)

Seperti pemilu, pilkada juga merupakan pesta demokrasi. Namun, Pilkada diselenggarakan untuk memilih kepala daerah yang akan menduduki jabatan pemerintahan di tingkat Provinsi dan Kabupaten.

Selain Pilkada, ada juga istilah yang disebut sebagai Pilkada Serentak yang dalam Bahasa Inggris berarti Simultaneous Regional Elections.

Pilkada serentak adalah pemilihan kepala daerah yang dilakukan dalam satu hari dalam satu Provinsi. Pemilihan ini meliputi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati.

3. General Elections Commission = Komisi Pemilihan Umum (KPU)

KPU adalah lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat nasional, tetap dan mandiri. Sementara penyelenggara pemilu di tingkat daerah disebut KPUD yang dalam Bahasa Inggris disebut Regional General Elections Commission.

4. Campaign = Kampanye

Kampanye adalah serangkaian tindakan komunikasi untuk mendapatkan simpati rakyat sehingga mereka bersedia memilih partainya di pemilu nanti.

Sama seperti kampanye, kampanye hitam (black campaign) adalah tindakan komunikasi untuk mendapatkan simpati rakyat. Namun, berbeda dengan kampanye pada umumnya, kampanye hitam bertujuan agar masyarakat tidak memilih partai tertentu selama kampanye.

5. Party Leader = Ketua Partai

Dalam definisi non-formal ketua partai juga berarti Cock of the Roost . Ketua Partai adalah orang yang mengepalai sebuah partai dan bertindah untuk mewakili partainya. Sedangkan partai politik dalam Bahasa Inggris berarti Political Party.

6. Election Supervisory Agency = Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)

Bawaslu adalah lembaga yang dibentuk untuk mengawasi jalannya pemilu. Banwaslu kemudian membentuk Panitia Pengawas Pemilu (Election Supervisory Committee) atau Panwaslu yang ditempatkan di tiap kabupaten/ kota.

Pengawasan Pemilu penting agar asas pemilu (principles of general election) terlaksana. Asas pemilu adalah langsung, umum, bebas, rahasia (direct, general, free, confidential) yang biasa disingkat LUBER. Selain LUBER, asas pemilu berikutnya yaitu jujur dan adil (honest and fair) yang biasa disingkat Jurdil.

7. Election Organizer Ethics Council = Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)

DKPP adalah suatu lembaga khusus yang dibentuk untuk mengimbangi dan mengawasi kerja KPU dan Bawaslu serta seluruh jajarannya dalam menyelenggarakan Pemilu.

8. Temporary Voter List = Daftar Pemilih Sementara (DPS)

Sebelum Pemilu dilaksanakan, KPU terlebih dahulu menentukan Daftar Pemilih Sementara atau DPS (Temporary Voter List). DPS disusun berdasarkan data kependudukan yang berada di setiap kabupaten/ kota yang diserahkan ke KPU. DPS kemudian diumumkan ke setiap wilayah untuk mendapatkan koreksi.

9. Final Voter List = Daftar Pemilih Tetap (DPT)

Setelah DPS yang diumumkan dikoreksi dalam hal: penulisan nama lengkap, tanggal lahir atau data lainnya, daftar tersebut kemudian ditetapkan sebagai DPT oleh KPU. Nama-nama yang tercantum dalah DPT itulah yang berhak memberikan suara atau disebut sebagai pemilih (voter) dalam Pemilu.

10. Polling Station = Tempat Pemungutan Suara (TPS)

Setelah nama tertera dalam DPT, selanjutnya masyarakat pergi ke TPS pada tanggal dilaksanakannya Pemilu untuk memberikan suara.

11. Ballot Paper = Kertas Suara

Pemilih (voter) kemudian mendapatkan kertas suara (ballot paper) yang berisikan gambar dan/ atau nama orang yang akan dipilih sesuai fungsi Pemilu tersebut.

12. Polling Booth = Bilik Suara

Bilik suara adalah tempat pemilih memberikan suaranya agar suaranya tidak diketahui rakyat banyak.

13. Ballot Box= Kotak Suara

Kotak suara adalah tempat pemilih memasukkan kertas suaranya. Selanjutnya, kertas suara dalam kotak suara dibuka untuk dilakukan penghitungan suara.

14. Noken System = Sistem Noken

Noken adalah tas serbaguna yang biasanya dipakai orang Papua. Sistem Noken adalah mekanisme pemilihan yang memperbolehkan kepala suku mewakili suara orang-orang yang berada di sukunya. Sistem ini biasa dilaksanakan di Papua.

Itulah kosakata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan Pemilu atau Pilkada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kosa kata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial

kosakata bahasa Inggris tentang kehidupan sosial beserta artinya dalam bahasa Indonesia: 1. Social (adj.) - berkaitan dengan masyarakat atau...