Sabtu, 31 Desember 2016

Kuliah di Luar Negeri Itu Penuh Perjuangan. Ini Kisahku.

Mediaa W Askar: Ketua PPI UK 2015-2016 Asli Minang Bercerita"

Inggris.

Sebuah negara di Eropa yang memiliki banyak keistimewaan yang bisa membuat jutaan pelajar di dunia berbondong-bondong kuliah di Inggris. Dari segi pariwisata, Inggris menawarkan banyak sekali tempat dengan view yang istimewa, mulai dari bangunan tua, gedung-gedung tinggi, pantai, bukit-bukit, kastil tua, dan banyak lagi. Hal yang paling utama ya dari segi pendidikan.

Inggris adalah tempat dimana kita bisa menemukan universitas-universitas terbaik di dunia, ada Oxford University, Cambridge University, Edinburgh University, University of Birmingham, Imperial College London, University of Manchester, dan masih banyak lagi.

Nah sekarang, ada satu mahasiswa PhD di University of Manchester yang bakalan share cerita dengan kita. Beliau ini pernah menjabat ketua PPI Uk lho. Yuk, kita baca sama-sama ceritanya di bawah ini.

Saya Mediaa Wahyudi Askar, saat ini tengah menempuh studi S3 di University of Manchester jurusan Development Policy and Management. Saya lahir dan dibesarkan di Batusangkar, kota kecil di Sumatera Barat dan menamatkan sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebelum kuliah di Manchester saya bekerja di perusahaan tambang dan melakukan berbagai program pemberdayaan masyarakat di pedalaman Kalimantan.  Saat ini saya aktif terlibat dalam komunitas riset di Global Development Institute (GDI) University of Manchester, menjadi Student Representative postgraduate research program di GDI dan Ketua Keluarga Islam Manchester (KARISMA).

Kenapa saya Memilih Inggris?

Saya memilih jurusan Development Policy and Managementi University of Manchester karena studidevelopmentdi University of Manchester adalah salah satu dari tiga Universitas dengan studi development terbaik di dunia. Tetapi di balik alasan itu, ada banyak alasan lain yang sulit untuk diceritakan secara detail. Pada dasarnya, sebelum studi di Manchester saya sering berinteraksi dengan banyak masalah sosial di Indonesia terutama saat melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di Papua, Kalimantan dan Sumatera. Masalah pembangunan dan kebijakan publik adalah salah satu di antara aspek penting yang harus terus ditingkatkan. Satu hal yang pasti, saya memilih Manchester bukan karena pendukung Manchester United.

Saya anti Manchester United.  Liverpool adalah harga mati.

You’ll Never Walk Alone!

Karena saya studi S3, saya lebih banyak melakukan riset dan membahas topik Literasi Keuangan yang menjadi fokus saya. Saya meneliti tentang bagaimana masyarakat menggunakan uang, menabung, mempersiapkan hari tua dsb. Untuk prospek pekerjaan, lulusan studi development bisa bekerja di banyak sektor,mulai dari Pemerintah, swasta, peneliti, dosen maupun di lembaga internasional.

University of Manchester di Mata Saya!

Sebagai salah satu kampus terbaik di dunia, UoM menyediakan fasilitas yang memadai terutama untuk mahasiswa internasional. Ada banyak training gratis yang disediakan oleh kampus, untuk peningkatan soft skill smaupun untuk persiapan pasca kuliah.

Yang paling berkesan, ada fasilitas“Zzz Zone”atau fasilitas khusus untuk mahasiswa yang pengen tiduran di kampus untuk mengembalikan stamina dan semangat belajar.

Saya biasa ke kampus menggunakan sepeda. Untungnya kampus juga menyediakan jalur khusus untuk sepeda dan sarana parkir sepeda yang layak. Meski demikian, kalo lagi apes, tetap harus terima nasib. Saya pernah kehilangan ban depan sepeda. Tapi, itu bukan masalah serius, mungkin yang nyolong perlu ngumpulin duit buat biaya nikah.

Poin-poin Penting Daftar ke University of Manchester!

Proses pendaftaran dilakukan secara online. Semua persyaratan dijelaskan diwebiteuniversitas. Secara umum, pendaftaran mahasiswa dibuka sepanjang tahun. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung buka website universitas dan cari program yang kita inginkan. Pastikan kita sudah memenuhi semua persyaratan tersebut. Setiap program biasanya memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Proses pendaftaran hingga akhirnya diterima saya lakukan sendiri. Mulai dari mendaftar secara online, menghubungi Professor dan kemudian diterima. Memang rumit, tapi itu adalah bagian dari proses. Prinsip saya, jangan dulu bertanya ke orang lain, sebelum kita mencoba melakukannya sendiri berkali-kali. 

Beasiswa di Inggris.

Saya tidak tahu banyak beasiwa untuk S1 dan S3 kecuali LPDP, Chevening, beasiswa Spirit dan beasiswa dari Dikti. Saya pernah mendengar beberapa kawan yang studi PhD mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Inggris. Namun demikian itu hanya disediakan untuk penduduk Inggris. Memang ada juga beasiswa yang disediakan oleh Universitas untuk mahasiswa S3, S2 maupun S1, tetapi itu sangat beragam di setiap kampus. Jadi, ada baiknya rajin-rajin ngecek website kampus.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah ke Inggris!

Selain dokumen, menurut saya yang perlu disiapkan untuk berangkat sekolah ke luar negeri adalah fisik dan mental. Perbedaan cuaca, gaya hidup, ataupun makanan tentu memaksa kita untuk cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sehingga perlu dipastikan kita punya fisik yang prima. Kedua, kita harus siap mental. Sekilas, memang terlihat bahwa sekolah di luar negeri adalah sesuatu yang membahagiakan. Bisa jalan-jalan di luar negeri, ataupun upload foto-foto keren di Instagram.

Tapi, banyak yang tidak sadar, bahwa hidup itu adil. Kebahagiaan pasti diganjar dengan kesulitan yang sama besarnya. Foto-foto indah yang di-uploadorang-orang yang sekolah di luar negeri kadangkala hanya kamuflase. Dibalik itu tersimpan perjuangan yang melelahkan. Mulai dari tidur cuma tiga jam sehari. tekanan dari supervisor, deadline yang sangat singkat, kecewa karena nilai tidak memuaskan atau pun stress karena terus makan kentang dan rindu nasi padang. 

Jadi, bulatkan tekad bahwa sekolah ke luar negeri benar-benar semata ingin berjuang mencari ilmu dan meningkatkan kapasitas diri.

Proker Paling Berkesan Selama Menjabat Sebagai Ketua PPI UK!

Banyak momen menggembirakan yang saya lewati selama memimpin PPI UK. Tetapi tentu juga banyak momen menyakitkan karena berbagai kekurangan. Momen yang paling mengharukan adalah ketika melihat teman-teman mahasiswa begitu antusias mengikuti berbagai kegiatan yang dilakukan. Ternyata, di balik pesimisme banyak orang terhadap generasi Indonesia masa depan, ada banyak anak muda yang begitu cinta trerhadap Indonesia. Setiap kali kegiatan PPI UK, saya selalu menemukan anak-anak muda yang hebat dan punya cita-cita luar biasa untuk Indonesia. Momen lainnya, yang sulit dilupakan adalah ketika PPI UK mendapatkan penghargaan sebagai PPI negara terbaik tahun 2016. Ini adalah prestasi seluruh mahasiswa Indonesia di UK, yang masih terus peduli terhadap masyarakat di sekitarnya dan juga Indonesia.

Hikmah yang bisa saya petik,satu orang pintar tak akan bisa melakukan apa-apa.

Tapi ketika sekelompok orang berdiskusi bersama dan saling memberikan masukan, perubahan pasti akan terjadi.

Tentang Tips dan Motivasi

Sebelum sekolah di Manchester, saya beberapa tahun melakukan program pemberdayaan masyarakat di pedalaman Papua dan Kalimantan. Jika pulang nanti, saya ingin melanjutkan cita-cita saya yang belum selesai di kampung-kampung itu. Selain itu, saat ini saya tengah mengerjakan riset tentang bagaimana masyarakat kecil menggunakan uang. Suatu saat saya ingin membuat program pendampingan sederhana untuk masyarakat kecil tentang bagaimana memanfaatkan institusi finansial secara optimal, bagaimana seharusnya mengelola keuangan rumah tangga, menjalankan usaha kecil-kecilan dan mempersiapkan hari tua. Semua hal yang saya lakukan sampai dengan saat ini tentunya didukung oleh orang-orang terdekat. Saya tidak akan bisa sejauh ini tanpa dukungan kedua orang tua saya. Saat sayamstress dan menghadapi banyak kendala, beliau selalu memberikan motivasi bahwa kebahagiaan pasti sebanding dengan kesulitan. Kebahagiaan yang besar harus dibayar dengan masalah-masalah besar. Itu kenapa saya selalu berjuang untuk terus mencoba melakukan yang terbaik. Disamping itu, beliau adalah motivator saya untuk selalu aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Ayah saya adalah ketua RW dan Ibu saya adalah pengurus yasinan ibu-ibu di kampung. Meskipun jabatannya sederhana tetapi sudah sukes mempengaruhi cara berpikir saya tentang pentingnya rasa peduli untuk masyarakat.

Selanjutnya, sekolah ke luar negeri membutuhkan proses yang cukup panjang. Mulai dari mencari Universitas, mempersiapkan Bahasa inggris maupun mencari beasiswa. Dalam proses itu, kita mungkin saja sukses atau gagal. Kita harus siap dengan segala kemungkinan yang terjadi.Kedua, tanyakan ke diri sendiri, apakah kita benar-benar butuh sekolah di luar negeri? Banyak orang yang memutuskan untuk sekolah di luar negeri hanya sekedar ikut-ikutan trend pemburu beasiswa.  Ada tanggung jawab besar yang dipikul oleh orang-orang yang studi di luar negeri. Tidak hanya menyelesaikan kuliah dengan nilai terbaik, tetapi juga bagaimana berkontribusi untuk Indonesia terutama bagi mereka yang mendapatkan beasiswa yang dibiayai negara.

Pengalaman Paling Mengesankan ?

Selama aktif di PPI UK, saya bertemu dengan mantan Presiden SBY, Presiden Jokowi maupun beberapa Menteri. Kadang masih setengah percaya, saya bisa bertemu dan berdialog langsung dengan orang penting di Indonesia. Tetapi yang paling berkesan bukan itu. Tahun lalu saya dapat tiket gratis dari salah satu sponsor klub sepak bola Liverpool. Saya diundang untuk makan malam bersama legenda Liverpool, bertemu langsung dengan beberapa pemain Liverpool dan nonton gratis pertandingan Liverpool di kursi VVIP. Dulu waktu kecil hanya nonton pertandingan Liverpool di TV-TV dan tidak pernah terbayangkan bisa bersalaman langsung apalagi makan malam bersama mereka.

Traveling di Luar Negeri

Tahun lalu saya sempat Backpaker jalan-jalan ke beberapa negara di Eropa. Tidur dihostel-hostel murah, di stasiun, di airport dan di dalam bus. Memang banyak hal baru yang saya temukan, foto-foto“indah”denganbackgroundgedung-gedung ala Eropa. Tapi jujur, belum ada yang menggantikan indahnya alam-alam Indonesia. Saya tidak lebay, pantai di Gunung Kidul jauh lebih cantik dari seluruh destinasi pantai di Inggris.

Pesan buat The Kops Indonesia

Saya tinggal di Manchester dan saya adalah pendukung Liverpool. Itulah jawaban standar saya ketika ada yang berseloroh“pasti kuliah di Manchester karena Manchester United”.Saya anti Manchester United, bukan karena klub atau pelatihnya. Tapi lebih karena otak saya yang sepertinya sudah didesain anti mainstream. Dahulu kala, di kampung saya, Manchester United begitu diagung-agungkan karena selalu juara. Tapi tidak bagi saya, prinsip saya waktu itu, yang harus diperjuangkan itu adalah tim yang selalu kalah. Haha, itu kenapa saya cinta Liverpool, tim yang seringkali dibully. Boleh setuju atau tidak, tapi pliiiiissss jangan tertawa. Prestasi Liverpool memang tidak sementereng Barcelona dan Juventus, terakhir kali juara Liga Inggris, 26 tahun yang lalu, saat saya masih dalam ayunan. Sejak itu tidak ada yang spesial, kecuali juara liga champions tahun 2005, lebih dari satu dekade yang lalu.Tapi tak apa, yang perlu kita miliki hanyalah mental juara.

Begitu juga dalam hidup. Tak perlu risau apa kata orang lain meskipun kita gagal berkali-kali. Kita mungkin saja gagal melamar pekerjaan, gagal menikah, gagal pada saat ujian. Tak masalah, selama kita memiliki mental juara, kita adalah juara yang sebenar-benarnya.

Senin, 26 Desember 2016

Kursus Bahasa Inggris di Lhokseumawe.Mengapa Harus Pilih Cambridge School Lhokseumawe?

Kelebihan belajar Bahasa Inggris di Cambridge Lhokseumawe:

1. Bisa sesuaikan jadwal menurut waktu luang yang anda miliki

2. Bisa sesuaikan materi yang ingin di kuasai = speaking, TOEFL, persiapan kerja, dll

3. Gratis materi belajar/ gak perlu bawa buku cukup bawa pulpen.

4. Bisa konsultasi kapanpun.5. Bisa lancar dalam 2 bulan.

6. Jaminan sampai lancar.

7. Materi dan kurikulum standar internasional .

8. Tentor berpengalaman mengajar lebih dari dari 200 peserta.

9. Bersedia datang ke rumah atau ke kantor.

10. Bisa privat dan grup.

Tunggu apalagi segera daftar sekarang juga. Kami membatasi murid hanya 10 peserta perkelas. Anda ingin belajar dari dasar? Jangan ragu kami menjaga privasi dan kenyamanan belajar anda.


Untuk meningkatkan kemampuan Berbahasa Inggris.
Cambridge School Lhokseumawe adalah pilihan yang tepat bagi siapa pun yang ingin meningkatkan kualitas kemampuan berbahasa Inggris.

MENGAPA KURSUS DI CAMBRIDGE SCHOOL LHOKSEUMAWE?
Mengapa memilih Kursus Privat Bahasa Inggris di tempat kami ?
 
1. Siswa akan dibimbing oleh Pengajar yang berpengalaman mengajar dan menguasai materi dengan baik.

2. Sistem belajar sama dengan Kurikulum di Cambridge Umiversity. Selain itu Sistem Belajar yang dilakukan adalah dengan pendekatan secara personal antara Pengajar dengan siswanya karena seorang Pengajar harus bisa memahami karakter siswanya tersebut. Berbeda halnya dengan tempat kursus dimana seorang Pengajar harus mengajar banyak siswa, tentunya tidak mudah bagi seorang Pengajar yang harus membimbing satu per satu siswa disebabkan terbatasnya waktu.

3. Siswa dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan Pengajar dan jika siswa mengalami kesulitan atau kurang paham dapat langsung bertanya kepada Pengajar. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan belajar di tempat kursus yang siswanya banyak, siswa tidak dapat leluasa bertanya jika ada materi yang kurang dipahaminya, juga dari cara mengajar Pengajarnya di tempat kursus yang siswanya banyak kurang dapat dimengerti dengan baik oleh siswa karena Pengajar tersebut harus mengejar target waktu yang telah ditentukan oleh tempatnya mengajar dibandingkan dengan kepentingan pemahaman dari siswanya,  dan siswa kerap kali mendapat gangguan dari siswa lain sehingga kurang dapat berkonsentrasi dalam menerima materi kursus.

4. Siswa tidak perlu repot keluar rumah untuk mendatangi tempat les karena tersedia program Pengajar yang datang ke rumah siswa. Diharapkan siswa dengan belajar di rumahnya akan lebih berkonsentrasi dan focus dalam menerima materi Kursus, khususnya bagi siswa yang akan menjalani Ujian.

5. Pengajar selalu mengevaluasi perkembangan belajar siswa dengan memberikan latihan soal dan melakukan tanya jawab dengan siswa.

6. Siswa yang belajar Privat di kami lebih pintar dan lebih cepat menguasai materi pelajaran yang diberikan bila dibandingkan dengan siswa yang belajarnya di tempat kursus yang siswanya beramai-ramai.

7. Program belajar bisa disesuaikan dengan kebutuhan, tujuan bahkan minat murid.

8. Kami siap memberikan jaminan untuk anda sampai anda mahir dan lancar berbahasa Inggris.

9. Datanglah kapan pun untuk berlatih keahlian bahasa inggris anda di kantor kami, agar kemampuan anda tidak hilang karena kurang dilatih akibat kesibukan dan keadaan yang kurang mendukung. Gratis.

10. Gratis konsultasi segala kebutuhan Bahasa Inggris anda.








Jumat, 02 Desember 2016

Jadwal kursus yang Fleksibel

Jadwal Flexible
Bahasa Inggris memang menjadi hal mutlak bagi mereka yang ingin memiliki karir yang baik dan ingin terus memastikan peningkatan karirnya. Semakin tinggi posisi yang ditawarkan, semakin mutlak lah persyaratan bahasa Inggris yang ditetapkan. Keseharian pekerja di Bali lazim dengan tingkat kesibukan yang relatif padat, ditambah kemacetan di beberapa kota besar seperti di Banda Aceh yang semakin menjadi, tantangan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mendapat sorotan yang serius, terutama bagi para pekerja profesional di Lhokseumawe. Hal ini bagaikan lingkaran setan bagi para profesional yang sudah terlanjur terlambat untuk belajar bahasa Inggris.

Maka dari itulah Cambridge School Lhokseumawe – kursus les private bahasa Inggris di Lhokseumawe hadir untuk melengkapi kekurangan Anda khususnya bagi Anda yang tinggal di seputaran Lhokseumawe, dalam artian kami akan selalu ada untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris. Jadi jangan kuatir Anda akan ketinggalan pelajaran karena kesibukan yang Anda jalani. Kami bisa menyesuaikan waktu belajar berdasarkan waktu luang Anda. Tunggu apa lagi, hubungi segera Cambridge School Lhokseumawe – kursus bahasa Inggris private di Lhokseumawe di nomor 0823 6715 2233 dan dapatkan penawaran menarik dari kami!

Kursus Privat Bahasa Inggris di Rumah.

Home Private

Cambridge School Lhokseumawe memudahkan Anda dalam belajar bahasa Inggris karena tempat bukan lagi menjadi masalah! Anda bisa belajar di mana saja, bisa di rumah maupun di tempat kami. Bukankah tujuan utama kita adalah belajar, bukan tempat? Anda bisa menghubungi kami kapan saja, dan Cambridge School Lhokseumawe– Kursus Bahasa Inggris Privat di Lhokseumawe siap memberikan pelayanan optimal dalam belajar bahasa Inggris dengan datang langsung ke rumah Anda. Jangan biarkan kesibukan di sekolah atau kantor menyebabkan Anda atau buah hati Anda tidak dapat mengikuti kursus bahasa Inggris, apalagi yang berkualitas. Make no more excuse to become smarter! Program ini juga sesuai bagi Anda yang ingin belajar bahasa Inggris dengan lebih intens.

Dengan mengikuti home private dimana proses belajar mengajar antara 1 orang guru dan 1 orang siswa (one-on-one) Anda bisa lebih focus belajar secara ekslusif. Program belajar akan dirancang supaya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat penguasaan Bahasa Inggris yang Anda miliki. Anda juga bebas memilih apa yang ingin anda pelajari. Tak perlu buang waktu mempelajari hal-hal yang tidak Anda perlukan. Belum lagi ujian yang dibuat khusus untuk program Anda, dimana lagi Anda merasakan fasilitas seperti ini? Tunggu apa lagi, hubungi segera Cambridge School Lhokseumawe – kursus bahasa Inggris private di Bali di nomor 0823 6715 2233 untuk mendapatkan penawaran menarik bagi Anda yang tinggal di area Lhokseumawe dan Aceh Utara sekarang juga!

Sebarkan informasi ini~

Kamis, 01 Desember 2016

Begini Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris.

Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris.

Ah, apa sih susahnya menulis tanggal?

Kenapa mesti ada panduannya?

Toh juga semua orang akan mengerti kalau sekarang tanggal berapa.

Eits, nanti dulu! Menulis tanggal dalam bahasa Inggris ada aturannya, lho! Berikut merupakan cara-cara menulis tanggal yang sering digunakan dalam bahasa Inggris.

Nah, pertama, penulisan: “September 27th, 2015”.

Kedua, ditulis dengan cara “27 September 2015”.

Kira-kira, yang benar yang mana ya? Apa perbedaannya?

Jawabannya, semua penulisan tanggal di atas benar. Bedanya, kamu sedang memakai British atau American English untuk menulisnya.

British English

Dalam penulisan British English, cara yang paling umum adalah dengan menuliskan tanggal terlebih dahulu, baru bulan, diikuti oleh tahun.
Contoh: 4 July 2015. (4/7/2015)

Tanggal yang dicantumkan bisa juga ditulis dalam ordinal number.
Contoh: 4th of July, 2015.
(Perhatikan, ada kata ‘of’ antara bulan dan tahun)

American English

Sementara itu, penggunaan American English didasarkan dimulai dengan penulisan bulan yang diikuti oleh tanggal.

Contoh: July 4th, 2015. (7/4/2015)
Perhatikan bagaimana mereka menggunakan ordinal daripada cardinal number.

“So which format should I use?”

Mana aja boleh sih, selama kamu konsisten. Artinya, kalau kamu menulis surat dan menulis tanggal dengan tipe American English, lanjutkan dengan isi dengan tipe yang sama. Pun juga dengan British English.

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge School Lhokseumawe. Kursus Bahasa Inggris Pivat di Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Datang langsung ke Jl. Listrik. Lhokseumawe atau segera telepon ke nomor 0823 6715 2233 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Ada Kata Adverbs of Time Berikut yang Belum Kamu Ketahui?

Ada Kata Adverbs of Time Berikut yang Belum Kamu Ketahui?

Barangkali kamu sudah mengenal banyak sekali adverb of time. Ada now, today, tomorrow, yesterday, last Sunday, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui bahwa adverbs of time ditambahkan untuk menjelaskan waktu kejadian sebuah kalimat yang kamu buat. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis keterangan waktu yang kamu perlu tahu dalam bahasa Inggris?

Untuk lebih jelasnya mari kita simak jenis-jenis adverbs of time di bawah ini:

Points of time (definite)

Now
Then
Today
Tomorrow
Tonight
Yesterday

Frequency (definite)

Annually
Daily
Fortnightly
Hourly
Monthly
Nightly
Quarterly
Weekly
Yearly

Note: Pernah dengar kata bimonthly? Dalam jenis adverb of time ini, kata bimonthly sebaiknya dihindari karena bisa jadi memiliki dua arti yang berbeda. Bimonthly bisa berarti “twice a month (dua kali sebulan)” or “every two months (setiap dua bulan)”. Jadi lebih baik kamu gunakan salah satunya. Hal ini juga berlaku bagi istilah biyearly and biannually.

Frequency (indefinite)

Always
Constantly
Ever
Frequently
Generally
Infrequently
Never
Normally
Occasionally
Often
Rarely
Regularly
Seldom
Sometimes
Regularly
Usually

Relationships in time (indefinite)

Already
Before
Early
Earlier
Eventually
Finally
First
Formerly
Just
Last
Late
Later
Lately
Next
Previously
Recently
Since
Soon
Still
Yet

Demikian contoh-contoh adverbs of time yang semoga dapat menambah kosakata baru bagi kamu untuk diingat

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge School Lhokseumawe Kursus Bahasa Inggris Privat di Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris tanpa rumus, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Segera telepon ke nomor 0823 6715 2233 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Fakta Menarik tentang Adjectives yang Perlu Kamu Pelajari

Fakta Menarik tentang Adjectives yang Perlu Kamu Pelajari


Adjectives merupakan bagian yang sangat penting dalam bahasa Inggris selain dari verbs (kata kerja), nouns (kata benda), serta adverbs (kata keterangan). Berikut adalah fakta-fakta menarik mengenai adjectives:

Adjectives tidak akan mengubah struktur dari kata benda dalam sebuah kalimat melainkan menambah deskripsi dan tambahan pengertian terhadap kata benda.
Namun adjectives tidak melulu soal kata sifat berupa small, beautiful, smart, dan lain-lain. Kata sifat bisa juga berakhiran –ed dan –ing. Contoh: I am confused, they are shocked, she is a boring person, you are frightening.
Banyak adjectives yang bisa berubah menjadi adverbs. Aturan mainnya adalah hanya tinggal menambahkan akhiran -ly kepada adjective, seperti contoh di bawah ini:
mad menjadi madly.
deep menjadi deeply.
sad menjadi sadly.

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge School Lhokseumawe Kursus Bahasa Inggris Privat di Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris dengan cepat , dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya? Datang langsung ke Jl. Listrik, Lhokseumawe – atau segera telepon ke nomor 0823 6715 2233 untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Perbedaan Penggunaan kata With dan By.

Kapan “By” dan “With” Harus Digunakan?

Kira-kira, jika kamu menemukan kalimat seperti ini;

“I wash my hair by shampoo”

Atau

“I wash my hair with shampoo”

Yang manakah yang benar?

Nyatanya, kedua kalimat tersebut sering membuat bingung, antara menggunakan with atau by karena keduanya berarti dengan. Kalau masih bingung, simak penjelasan di bawah ini yuk!

WITH

1. Digunakan untuk mengindikasikan keterlibatan atau kebersamaan (involving)

Kata ‘with’ digunakan untuk mengindikasikan keterlibatan atau kebersamaan (involving). Jadi saat kamu mengatakan sebuah kalimat, with yang selanjutnya diikuti oleh obyek menandakan bahwa si obyek ini dilibatkan dalam kalimat tersebut.

Contoh:

She was coming with her brother to my party.
I don’t think that you will finish this assignment with Lala.
Did you made this with Nina?
2. Digunakan untuk mengindikasikan kepunyaan (having)

Kata ini juga bisa mengindikasikan kepunyaan, misalnya kamu dengan setelan jas dan dasi, dia dengan suara indahnya, dan lain-lain. Simak contoh berikut:

You look handsome with your suit and tie.
She sang beautifully with her amazing voice.
Bring me the best hand-painting with your creativity, Sean. You’re very talented!
3. Digunakan untuk mengindikasikan penggunaan (using)

Selain dua fungsi di atas, with juga dapat mengindikasikan penggunaan. 

Contoh:

I can’t eat this Ramen with chopstick. Give me fork!
I love pancake served with honey. It tastes really good!
He surprises his wife with a bucket of sunflowers.
4. Digunakan untuk mengindikasikan perasaan (feeling)

Nah, kalau kata with yang ini mengindikasikan perasaan. Kamu bisa mengatakan memasak makan malam dengan penuh cinta, kekecewaan, kesedihan, etc.

Contoh:

I will cook dinner with full of love.
She bet her dad will visit her with a dissapointment.
From now on, start to fill your life with happiness, okay?
5. Digunakan untuk mengungkapkan persetujuan

Persetujuan juga bisa menggunakan with, lho. Nggak percaya? Coba lihat contohnya!

I am completely sure with you.
Are you with me at this moment?
Do you agree with me?
BY

1. Digunakan untuk mengungkapkan dekatnya jarak

Berbeda dengan with, kata by bisa digunakan untuk mengungkapkan jarak yang dekat.

Contoh:

Please stand by me.
May I sit by you?
Her house is by that Italian restaurant.
2. Digunakan dalam kalimat pasif

Nah, kalau yang ini tentu kamu sering menggunakannya, karena mengubah kalimat aktif ke kalimat pasif cukup sulit, hehehe.

Contoh:

That delicious cake was bought by mom.
My phone was repaired by a professional technician.
The book was was taken by Anna.
3. Digunakan untuk mengungkapkan action dengan tujuan tertentu

Contoh:

By studying hard, you can easily pass the exam.
You will be able to express your mind by writing a note.
I cannot remember your phone only by reading not writing.

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge School Lhokseumawe. Kursus Bahasa Inggris privat di Lhokseumawe, akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Datang langsung ke Jl. Listrik, Lhokseumawe. atau segera telepon ke nomor 0823 6715 2233
untuk ikut kelas dengan penawaran menarik sekarang juga!

Perbedaan Happy, Happiness dan Happily

Perbedaan Happy, Happiness dan Happily

Kata “happy” merupakan sebuah kata sifat (adjective) dalam bahasa Inggris yang memiliki arti bahagia.

Seringkali kata ini membuat kita bingung untuk menyatakan rasa bahagia, karena ada beberapa kata lain yang menggunakan happy sebagai kata dasarnya, seperti contoh happiness atau happily.

Ini dia perbedaannya:

HAPPY

Berdasarkan jenisnya, happy merupakan bentuk adjective atau kata sifat dalam bahasa inggris. Kata ini memiliki arti “bahagia” seperti yang telah saya sebutkan di atas. Nah tentunya kamu sudah tahu kan kalau adjective berfungsi untuk menjelaskan noun ataupun kata benda.

Contoh :

I am happy to see you again.
She doesn’t look that happy. What happen with both of you?
Dena looked really happy for her first baby born yesterday.
Don’t worry, I will be happy without you.
Are you happy with your new school?
HAPPINESS

Happiness berasal dari kata happy yang mendapat imbuhan -ness dan menjadi kata benda, artinya kebahagiaan.

Contoh :

I can feel her happiness.
My parents are being a part of my happiness.
They made a toast to long life and happiness.
Her happiness was complete when she got her very own house.
We will spend our happiness together.
HAPPILY

Happily juga mendapatkan imbuhan yaitu -ly, namun perubahan katanya bukan menjadi kata benda, melainkan kata keterangan atau adverb. Kata ini memiliki arti “dengan bahagia”.

Contoh :

I celebrate my birthday happily.
They do this task happily
He sang that song happily.

Mau nyoba cara belajar yang menarik dan nggak biasa? Jangan khawatir, Cambridge School Lhokseumawe Kursus Bahasa Inggris di Lhokseumawe akan dengan senang hati membantu. Program belajarnya pun tidak baku, tapi sesuai kebutuhanmu. Jadwalnya fleksibel, kapan aja kalian mau. Bukan hanya itu, kalian juga bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu secara GRATIS!

Kami akan membantu kalian belajar bahasa Inggris, dan bahasa Inggrismu pasti akan terasah jika belajar bersama kami.

Mau tahu info lengkap lainnya?

Datang langsung ke alamat kami di jalan listrik, Lhokseumawe atau hubungi nomor :

0823 6715 2233